Porsi Dalam memberikan Makanan Bayi yang Harus Bunda Perhatikan

Ketika Anda hendak memberikan makanan bayi kepada si kecil, maka Anda harus memperhatikan porsi makanan yang akan diberikan kepadanya. Pastikan porsi yang Anda berikan sesuai dengan usia si kecil. Karena jika Anda memberikan porsi makanan yang tidak sesuai dengan usianya, maka hal tersbeut jelas tidak baik untuk kesehatan tubuh si kecil.

Penting untuk Anda ketahui, bahwa porsi makan bayi 6 bulan jelas berbeda dengan porsi makan bayi usia 9 bulan, begitupun sebaliknya. Maka dari itu, penting bagi Anda memahami hal ini, walaupun terlihat sepele, namun hal tersebut sangat berpengaruh untuk menunjang tumbuh kembang si kecil.
Dan berikut porsi makan bayi yang harus bunda perhatikan sebelum memberikan makanan kepada si kecil, yaitu sebagai berikut:

6-8 bulan

Porsi untuk bayi yang baru saja belajar untuk makan sebenarnya tidaklah begitu banyak, Anda cukup memberikannya 3 sendok makan sereal atau bahkan bubur bayi yang khusus untuk bayi baru belajar makan.
Selain itu, Anda juga bisa memberinya porsi 1 sendok makan pure buah yang bisa dengan mudah ANda buat sendiri, yang mana jumlahnya bisa meningkat secara bertahap menjadi 1 sendok makan sampai 2 sendok makan untuk satu kali makan.

Anda bisa meningkatkan pemberian makanan sejalan dengan bertambahnya usia si kecil, yang asalnya diberikan 1 atau 2 sendok, maka di bulan berikutnya Anda bisa memberikannya 3 sampai 4 sendok. Jangan lupa Anda untuk menerapkan 4 day wait rule, cara ini bisa Anda lakukan ketika mengenalkan makanan baru pada bayi, guna mengetahui reaksi alergi si kecil.

8-12 bulan

Untuk bayi di usia ini, Anda bisa memberikan porsi makanan sekitar 2-3 sendok makan buah, 2-3 sendok makan sayuran, 4-6 makan sendok sereal, 2-4 sendok makan sumber protein seperti tahu, tempe, ayam, dan beberapa jenis lainnya yang sebelumnya telah Anda lumati.

Karena di usia ini, gigi si kecil mulai tumbuh, maka dari itu berikan makanan dengan tekstur sedikit padat. Dan di awal usia 10-11 bulan, maka Anda bisa memberikan si kecil nasi tim dengan porsi 4-8 sendok makan. Anda dianjurkan untuk membuat nasi tim ini, baik di campur dengan sayuran, buah-buhan atau beberapa jenis makanan lainnya.

12-24 bulan

Ketika usia si kecil menginjak 1 tahun, maka Anda bisa mengajak si kecil untuk belajar makan bersama keluarga. Bahkan di usianya yang 1 tahun, ia mulai bisa untuk makan table food dengan porsi 6-8 sendok makan sereal atau bahkan beras, 1 biji buah seperti buah pear, buah apel, jeruk, atau bahkan 1 potong buah semangka, melon dan beberapa jenis buah lainnya.

Selain buah atau bahkan sayuran, Anda juga dianjurkan untuk memberikan si kecil sumber protein, seperti daging sapid an beberapa jenis makanan lainnya.

Related Posts

Share This