Pola Tidur Sehat dan Ideal Untuk Anak

Tidur merupakan salah satu cara untuk mengistirahatkan tubuh dari segala aktivitas pada siang hari. Semua orang membutuhkan tidur untuk memulihkan stamina tubuh. Bahkan anak-anak atau bayi yang sedang dalam masa pertumbuhan harus mendapatkan waktu tidur yang cukup supaya tumbuh kembangnya berjalan dengan normal. Perlu diketahui bahwa tidur termasuk aspek penting yang menunjang perkembangan secara fisik dan juga mental pada anak.

Kebutuhan tidur setiap orang memang tidaklah sama. Dalam hal ini setiap orangtua harus mengetahui waktu tidur yang ideal bagi anak dalam setiap tahap tumbuh kembangnya. Menjadwalkan waktu tidur dengan tepat akan merangsang tumbuh kembang anak dengan sangat baik dari segi fisik dan mental. Lalu seperti apa pola tidur sehat dan ideal bagi anak?

Inilah Acuan Untuk Pola Tidur Sehat dan Ideal Bagi Anak

Usia 0 – 3 Bulan

Bayi yang baru lahir memang belum memiliki jam biologios sehingga pola tidur berlangsung beberapa menit hingga beberapa jam. Bayi yang baru lahir bisa tidur hingga 15 sampai 18 jam per hari. Seiring dengan tumbuh kembangnya maka jam biologis tersebut akan semakin berkembang. Memasuki usia 3 bulan, bayi mulai memiliki jam tidur yang teratur sehingga tidak lagi kebingungan membedakan jam siang dan malam.

Usia 4 – 11 Bulan

Pada usia ini bayi sudah hampir memiliki pola tidur yang lebih mirip dengan orang dewasa. Secara ideal bayi pada usia ini memiliki waktu tidur sekitar 15 jam dalam setiap harinya. Dalam waktu sehari bayi memiliki waktu tidur sebanyak 3 kali pada siang hari atau tidur singkat. Nah, tidur singkat tersebut berlangsung selama kurang lebih 30 menit atau hingga 2 jam.

Usia 1 – 2 Tahun

Memasuki usia ini bayi membutuhkan waktu tidur sekitar 11 – 14 jam per hari. Waktu tidur siang akan berkurang menjadi satu kali dalam sehari. Biasanya lama waktu tidur siang anatara 1 sampai 3 jam. Biasanya waktu tidur singkat mendekati jadwal waktu tidur malam. Pada usia ini biasanya akan mengalami susah tidur dan juga sering terbangun pada malam hari.

Usia 3 – 5 Tahun

Waktu tidur anak pada usia ini yaitu sekitar 11 hingga 13 jam setiap malam. Sebagian anak sudah tidak pernah lagi tidur pada siang hari ketika usianya memasuki 5 tahun. Pada usia ini daya imajinasi anak berkembangs dengan sangat pesat sehingga tidak heran jika usia ini menjadi terror atau mimpi buruk saat tidur.

Usia 6 – 13 Tahun

Kebutuhan waktu tidur anak usia ini yaitu sekitar 9 – 11 jam. Hal ini karena anak harus membagi waktunya dengan berbagai kegiatan yang mulai menyibukan dirinya seperti belajar, sekolah, bermain dan lain sebagainya.

Usia 13 – 18 Tahun

Pada usia remaja tidur adalah salah satu hal yang sangat berperan penting untuk kesehatan. Waktu tidur ideal untuk usia ini yaitu sekitar 8 – 9 jam per hari.  Jika kekurangan waktu tidur maka hal ini akan memperngaruhi kesehatannya secara fisik dan mental. Oleh karena itu usahakan supaya tidur anak remaja tercukupi dengan sangat baik.

Demikian waktu tidur ideal bagi anak sesuai dengan tahapan usianya. Pola tidur yang abik sangat berguna untuk kesehatan anak. Jangan mengabaikan waktu tidur anak karena dampaknya bisa jangka panjang untuk anak. Pola tidur teratur maka si kecil akan tumbuh dengan baik dan sehat hingga usia remaja dan juga dewasa.

Related Posts

Share This