Pola Makan Sehat dan Ideal Pada Anak

Kebanyakan orangtua biasanya membiarkan anak untuk mengkonsumsi makanan dengan porsi yang banyak tanpa memperhatikan kaidah dan konsep pola makan sehat. Yang terpenting bagi mereka adalah anak terlihat lahap saat makan dan kondisi badannya gemuk. Perlu Anda ketahui bahwa pola makan tidak sehat bukan hanya berkaitan dengan anak yang sulit makan. Akan tetapi hal ini juga berkaitan dengan kebiasaan anak yang makan tidak teratur.

Pada dasarnya pola makan sehat berhubungan dengan pola pengaturan makanan yang mengandung gizi seimbang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Pola makan sehat harus ditunjang dengan asupan jenis makanan yang beragam  sebagai upaya untuk melengkapi gizi sesuai dengan usia pertumbuhan anak. Jika terjadi kekurangan asupan makananan yang bergizi maka hal ini tentunya sangat beresiko terjadinya masalah kesehatan terutama perkembangan anak.

Pengelompokan Pola Makan Sehat dan Ideal Sesuai Dengan Usia Anak

  • Usia 0 – 6 bulan

Makanan utama untuk bayi yang baru lahir hanya bersumber dari ASI. Semua kebutuhan nutrisi untuk menunjang tumbuh kembangnya bisa dipenuhi hanya dari ASI dan tidak dapat digantikan dengan jenis makanan yang lain. Pemberian ASI harus dilakukan secara ekslusif selama 6 bulan dan setelah itu baru diperkenalkan dengan MPASI berupa makanan dengan tekstur yang sedikit lebih padat.

Dalam mengatur pola makan sehat untuk bayi usia 0 – 6 bulan maka Anda bisa langsung memberikan ASI. Pemberian ASI juga harus dilakukan secara teratur sehingga pertumbuhan bayi tidakmengalami gangguan. ASI tergolong sumber nutrisi terbaik bagi bayi sehingga peranan ASI tidak bisa digantikan.

  • Usia 6 – 12 bulan

Menginjak usia 6 bulan, kini saatnya diperkenalkan dengan MPASI untuk melengkapi kebutuhan nutrisi yang tidak lagi sepenuhnya bisa diperoleh dari ASI saja. Upaya menerapkan pola makan sehat dalam rentang usia ini yaitu dengan memberikan makanan tekstur padat dan kekentalan yang disesuaikan dengan tingkatan usia serta kemampuan anak. Jenis makanan padat untuk bayi hendaknya mengandung kelengkapan nutrisi yang bisa menunjang perkembangannya.

  • Usia 1 – 3 tahun

Pada usia ini si anak sudah mulai aktif bergerak dan kemampuan untuk mengkonsumsi makanan sudah semakin banyak. Bahkan pada tahap ini si anak sudah mulai menyenangi satu jenis makanan yang menurutnya enak. Hal ini tentunya harus diwaspadai sebab jika si kecil hanya memilih satu jenis makanan maka kebutuhan nutrisinya tidak bisa terpenuhi dengan baik. Ciptakan suasana yang menyenangkan dalam upaya menerapkan pola makan sehat untuk anak usia 1 – 3 tahun. Ajarkan pula cara makan yang baik pada anak dan usahakan supaya si anak menyukai sayuran.

  • Usia 4 – 6 Tahun

Pada usia ini merupakan usia sekolah sehingga nafsu makan anak cenderung menurun karena lebih tertarik dengan dunia barunya yaitu bermain dengan teman baru yang mulai dikenalnya. Jika anak cenderung makan sedikit maka terapkan pola makan sedikit namun sering yaitu 4 – 5 kali. Makanan utama 3 kali dan selingi dengan cemilan sehat diantara sarapan dan makan siang, kemudian antara makan siang dan makan malam. Cara ini sebagai upaya untuk mengoptimalkan asupan nutrisi yang dibutuhkan guna menunjang pertumbuhannya.

Related Posts

Share This