Pola Hidup Yang Tidak Sehat Menjadi Pemicu Kanker Rahim (Serviks)

Kanker serviks merupakan salah satu jenis penyakit yang diakibatkan oleh infeksi virus human papiloma. Kanker serviks termasuk ke dalam kategori penyakit yang berbahaya dan mematikan bagi wanita. Meskipun penyebab utama penyakit ini adalah virus, akan tetapi kebiasaan dan pola hidup yang tidak sehat menjadi pemicu terjadinya infeksi sehingga mengakibatkan kanker serviks.

Pola Hidup Yang Tidak Sehat Menjadi Pemicu Kanker Rahim (Serviks)

Keganasan kanker serviks tidak bisa di deteksi sejak awal. Kanker serviks biasanya menunjukan gejala apabila kondisi kanker tersebut sudah memasuki stadium lanjut atau kondisinya sudah cukup parah. Kanker serviks bisa dicegah sejak dini dengan menerapkan kebiasaan hidup sehat dan mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang. Selain itu hindari kebiasaan buruk yang bisa memicu terjadinya kanker tersebut.

Kebiasaan Buruk Pemicu Kanker Serviks

Kebiasaan minum minuman yang mengandung alkohol dan Merokok

Wanita yang memiliki kebiasaan buruk seperti merokok dan mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol sangat beresiko terkena kanker serviks. Kandungan zat berbahaya pada rokok seperti nikotin bisa menjadi pemicu utama munculnya kanker serviks. Selain itu, kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol akan menyebabkan wanita rentan terkena infeksi virus human papiloma  yang dapat menyebabkan kanker serviks.

Pola makan tidak teratur yang menyebabkan obesitas

Faktor pemicu kanker yang selanjutnya yaitu kebiasaan makan yang tidak teratur sehingga menyebabkan obesitas. Kelebihan berat badan pada wanita bisa menjadi salah satu pemicu kanker rahim.

Cara diet yang salah

Wanita sangat sensitif masalah berat badan sehingga berbagai cara sering dilakukan untuk menjaga berat badan, salah satunya yaitu dengan melakukan diet. Program diet dinilai ampuh untuk menurunkan berat badan pada wanita. Akan tetapi cara diet yang salah akan menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan pada wanita. Cara diet yang salah yaitu tidak memperhatikan asupan nutrisi atau makanan yang bergizi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh sehingga berakibat pada sistem kekebalan tubuh. Kondisi kekebalan tubuh yang menurun akan membuat virus penyebab kanker serviks lebih mudah menginfeksi.

Mengkonsumsi makanan yang tercemar bahan kimia

Kebiasaan buruk dalam mengkonsumsi makanan menjadi salah satu pemicu timbulnya kanker serviks. Makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan, pewarna dan pengawet sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh, sehingga apabila dikonsumsi secara terus-menerus maka akan memicu pertumbuhan sel kanker, salah satunya yaitu kanker serviks.

Makanan yang diolah dengan cara digoreng menggunakan minyak bekas yang sudah dipakai berulang akan mengakibatkan pertumbuhan kanker. Selain itu, makanan yang mengandung pengawet seperti formalin, boraks dan zat aditif menjadi salah satu pemicu munculnya kanker.

Sering berganta-ganti pasangan ketika berhubungan seksual

Orang yang memiliki kebiasaan buruk berganti-ganti pasangan dalam berhubungan seksual sangat beresiko terkena infeksi virus human papiloma. Hal ini karena virus tersebut akan mudah menular melalui alat kelamin. Oleh karena itu, hindarilah kebiasaan tersebut dan berprilaku yang baik dengan menerapkan pola hidup sehat supaya terhindar dari penyakit kanker serviks.

Related Posts

Share This