Pola Hidup Mempengaruhi Penyakit Osteoporosis

Osteoporosis merupakan salah satu gangguan kesehatan pada tulang. Pada kebanyakan kasus, penyakit osteoporosis lebih rentan menyerang wanita memasuki menopause yaitu usia 40 – 50 tahun. Wanita memang paling beresiko terkena osteoporosis jika dibandingkan dengan laki-laki. Walaupun demikian, penyakit osteoporosis juga kemungkinan bisa menyerang laki-laki memasuki usia 50 tahun keatas. Pada dasarnya penyakit osteoporosis bisa terjadi pada siapa saja yang memiliki kepadatan tulang kurang baik.

Penyakit osteoporosis adalah suatu penyakit keropos tulang sehingga massa dan kepadatan tulang berkurang sehingga penderitanya beresiko mengalami patah tulang. Lalu sebenarnya apa penyebab penyakit keropos tulang? Benarkah jika penyakit tersebut dipengaruhi oleh pola hidup?

Pada dasarnya osteoporosis terjadi pada wanita usia 50 tahun keatas yang dipengaruhi oleh hormone estrogen. Seiring dengan bertambahnya usia seorang wanita, maka kadar hormone estrogen akan berkurang akibat proses menstruasi. Namun disamping itu, pola hidup juga ternyata mempengaruhi kualitas dan kepadatan tulang. Dalam artian bahwa pola hisup ikut berperan penting dalam terjadinya penyakit osteoporosis.

Berikut Beberapa Hal Penyebab Osteoporosis Yang Berkaitan Erat Dengan Pola Hidup

Jarang Mengkonsumsi Buah dan Sayur

Perlu Anda ketahui bahwa buah-buahan dan sayuran adalah sumber makanan yang kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Secara umum buah dan sayur mengandung vitamin K, vitamin D, magnesium, kalium, vitamin C dan kalsium yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang. Jika asupan nutrisi tersebut kurang dan jarang mengkonsumsi sayur/buah maka sangat rentan terkena gangguan kesehatan pada tulang yaitu osteoporosis.

Kurang Asupan Kalsium dan Vitamin D

Kalsium merupakan komponen penting bagi tulang. Sedangkan vitamin D berperan penting dalam mengoptimalkan penyerapan kalsium. Dalam hal ini kalsium dan vitamin D saling membutuhkan untuk menjalankan fungsinya masing-masing. Maka dari itu, asupan nutrisi tersebut harus seimbang untuk meminimalisir resiko osteoporosis.

Untuk mencukupi kebutuhan kalsium dan vitamin D, Anda bisa mengkonsumsi susu, ikan dan sayuran hijau. Selain itu, perbanyak juga konsumsi buah-buahan, telur dan daging sapi tanpa lemak. Jika memang diperlukan, Anda bisa mengkonsumsi suplemen yang mengandung vitamin D dan kalsium.

Kebiasaan Mengkonsumsi Daging Merah dan Soda

Sebaiknya Anda membatasi konsumsi daging merah dan soda sebab bisa mengakibatkan kepadatan tulang berkurang. Tingginya kandungan posfor bisa mengikis kalsium tulang sehingga memicu osteoporosis. Posfor bisa menghambat penyerapan kalsium dari dalam darah menuju tulang.

Kebiasaan Mengkonsumsi Alkohol dan Kafein

Minuman yang mengandung kafein dan alkohol beresiko mengakibatkan pengeroposan pada tulang. Hal ini karena kafein dan alkohol akan menghambat penyerapan kalsium sehingga nutrisi tersebut lebih banyak terbuang melalui air seni.

Program Diet Yang Salah

Kebiasaan wanita yang menerapkan program diet dengan metode yang tidak tepat sangat beresiko menyebabkan kepadatan tulang menurun. Jika terus menerus dilakukan maka hal ini berpotensi menyebabkan tulang rapuh. Maka dari itu, mulailah menerapkan kebiasaan baik untuk menjaga kekuatan tulang dan terhindar dari resiko osteoporosis.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517