Pola Asuh Menyebabkan Gizi Buruk Pada Anak?

Gizi buruk pada anak bisa dialami oleh semua kalangan, baik itu dari golongan ekonomi rendah hingga ekonomi berkecukupan. Penyebab gizi buruk bukan hanya berasal dari segi finansial saja melainkan bisa disebabkan oleh faktor pola asuh yang diterapkan oleh orangtua. Selain itu, jenis makanan yang dikonsumsi oleh anak dan adanya penyakit tertentu yang diderita oleh anak menjadi pemicu gizi buruk.

Tanpa disadari kebiasaan dan pola asuh yang diterapkan oleh orangtua pada anak bisa mempengaruhi asupan nutrisi sehingga hal ini berdampak terhadap pertumbuhannya. Bukan segi makanan saja melainkan cara pemberian makanan dan pengaturan pola makan menjadi salah satu pemicu gizi buruk pada anak.

Nah, Berikut Ini Beberapa Kebiasaan Dan Pola Asuh Yang Menyebabkan Gizi Buruk Pada Anak

Penambahan Porsi Makan

Tanpa disadari banyak orangtua yang memaksa anak untuk makan banyak. Anggapan bahwa porsi makan banyak akan membuat anak lebih sehat itu bukanlah hal yang tepat. Justru jika Anda memaksa anak makan banyak tanpa memperhatikan kandungan gizinya maka hal ini akan memicu gangguan kesehatan pada anak.

Membatasi Makanan Tertentu

Jangan begitu saja memberikan batasan pada anak mengenai makanan terntentu yang Anda anggap tidak sehat. Justru semakin dilarang maka anak akan semakin menginginkan makanan tersebut sehingga kecukupan gizinya tidak terpenuhi dengan baik. Dalam hal ini Anda harus menciptakan suasana makan yang menyenangkan.

Tidak Boleh Kotor

Semua orang tentunya mengharapkan kondisi ruangan yang senantiasa bersih sehigga merasa risih ketika berantakan saat anak sedang makan. menjadi kotor dan berantakan merupakan salah satu proses pembelajaran bagi anak dalam setiap tahap pertumbuhannya. Hal ini merupakan salah satu cara bagi anak untuk mengenali tekstur, rasa dan jenis makanan. Maka dari itu biarkanlah anak untuk mengeksplor dunia makan dengan sendirinya.

Mengenalkan Makanan Secara Bertahap

Pada usia 6 bulan, anak sudah mulai diperkenalkan dengan makanan padat. Namun terkadang anak merasa kesulitan dengan tekstur makanan tersebut sehingga dalam hal ini jangan terburu-buru. Kenalkan makanan secara bertahap supaya kebutuhan nutrisinya terpenuhi dengan baik. Jangan memaksa anak untuk makan jika tidak memungkinkan karena justru akan membuatnya merasa stres.

Tanpa Kontrol Makanan

Ketika anak kurus maka sebagian orangtua akan memaksakan anaknya untuk makan banyak. Cara tersebut dianggap sebagai salah satu cara untuk menambah berat badan. Namun tahukah Anda jika membiarkan anak makan tanpa kontrol justru akan menyebabkan kelebihan berat badan yang berlebihan. Dampaknya terhadap kesehatan anak yang berpengaruh terhadap proses pertumbuhan dan perkembangan.

Nah, maka dari itu pola asuh orangtua merupakan salah hal yang berpengaruh terhadap perkembangan anak sehingga dalam hal ini Anda harus bisa menerapkannya dengan tepat. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517