Pola Asuh Anak yang Sebaiknya Anda Terapkan Kepada Si Kecil

Masing-masing dari orangtua pastinya memiliki pola asuh anak yang berbeda-beda. Pola asuh anak inilah yang memang bisa mempengaruhi tumbuh kembang si kecil. Hanya saja, pada praktiknya tidak sedikit anak-anak yang justru kurang perhatian dari orangtau mereka, dan hal ini dikarenakan banyak orangtua yang lebih mementingkan karir daripada mengasuh anak-anak mereka.

Sementara itu, di usianya yang masih balita, si kecil masih membutuhkan peran juga perhatian dari Anda sebagai orangtua, terutama pola asuh anak dalam keluarga untuk menunjang kepribadiannya.

Dengan tidak adanya bimbingan yang diberikan oleh orangtua, ini akan membuat rasa penasaran serta rasa ingin mencoba hal baru dalam hidupnya yang memang tidak terkontrol dengan baik. Sehingga tidak heran, jika untuk saat ini banyak kita temukan adanya penyimpangan norma yang memang dilakukan oleh anak-anak di bawah umur yang mana di usia mereka tidak seharusnya hal tersebut mereka alami.

Pastinya Anda tidak ingin jika hal yang sama menimpa anak Anda? Oleh karena itu, di bawah ini ada beberapa pola asuh anak usia dini yang bisa Anda lakukan pada si kecil ketika berada di rumah, yaitu sebagai berikut:

  1. Kurangi Terlalu Memanjakan Anak

Tindakan Anda sebagai orangtua yang memang tidak bisa menemani waktu bermain si kecil, dan tidak mampu berada di samiping mereka yang memang masih membutuhkan kita kerap kali membuat Anda merasa sangat berdosa, dan memilih untuk menebus semuanya dengan mengambulkan semua hal yang diinginkan oleh si kecil, bahkan hal-hal yang jelas tidak mereka butuhkan sekalipun akan dengan mudah kita berikan kepada mereka.

Namun apakah Anda tahu, dengan Anda memberikan fasilitas yang mewah dengan sejumlah barang yang berharga guna memenuhi kebutuhan si kecil, tidak akan menjadikan perkembangan mereka menjadi lebih baik. Bahkan hal tersebut malah akan sebaliknya, karena dengan selalu memberikan serta menuruti setiap keinginan si kecil, akan membuat mereka mengasumsikan bahwa Anda merupakan tambang emas mereka yang memang bisa mereka mintai kapanpun mereka mau.

  1. Ciptakan Pola Asuh yang Demokratis

Pola asuh demokratis merupakan pola asuh anak yang mencimptakan keseimbangan antara hak juga kewajiban orangtua dengan anak-anak. Dalam memberikan pola asuh ini, kedudukan orangtua yaitu sebagai seorang pemegang serta pembuat peraturan tertinggi dimana peraturan yang di buat tersebut akan diberlakukan secara tegas juga akan berlakunya sanksi jika si kecil melakukan pelanggaran.

Ketika orangtua menciptakan pola asuh ini, maka Anda sebagai orangtua harus bisa dan mampu menjalankan kewajiban Anda sebagai orangtua dengan sebaik-baiknya, sehingga hak-hak Anda sebagai orangtua akan di dapatkan dengan tanpa adanya tekanan. Sama halnya dengan si kecil.

  1. Menyempatkan Waktu Berkualitas dengan Buah Hati diwaktu Luang

Kerap kali pekerjaan yang menumpuk serta waktu kerja yang terbatas dari hari senin sampai jumat membuat kita sebagai orangtua sangat sulit untuk menemukan waktu yang tepat agar bisa bermain dengan si kecil, bahkan hanya untuk menjumpai dan mengajaknya ngobrol itu sangatlah sulit, terutama ketika jam kerja masih terus berjalan. Akan tetapi, ketika waktu untuk berlibur datang, kerap kali kita akan merasa lelah dan ingin memanfaatkan waktu yang Anda miliki hanya untuk beristirahat di rumah dan tidak di ganggu oleh si kecil.

Akan tetapi hal tersebut sebenarnya sangatlah keliru, dengan Anda melakukan hal ini, itu artinya Anda telah memberikan jarak yang pastinya akan menjauhkan Anda dengan si kecil. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba untuk meluangkan waktu yang Anda miliki untuk bermain atau bahkan bercanda dengan si kecil.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517