Pisang Ambon Untuk Ibu Hamil, Inilah Manfaatnya!

Pisang merupakan salah satu tanaman yang banyak tumbuh subur di negri ini. Banyak sekali jenis pisang yang mudah kita jumpai, salah satunya yaitu pisang ambon. Bila dibandingkan dengan jenis buah-buahan yang lain, pisang termasuk buah yang praktis dan bisa langsung dikonsumsi tanpa perlu diolah terlebih dahulu. Disamping itu, tahukah Anda manfaat pisang ambon untuk ibu hamil?

Banyak mitos yang melarang wanita hamil untuk mengkonsumsi buah pisang karena bisa menyebabkan gangguan  pada kehamilan seperti keguguran. Namun jika ditinjau dari sisi medis, mitos tersebut tidak sepenuhnya benar. Justru buah pisang buat ibu hamil sangat luar biasa khasiatnya.

Mengapa pisang bagi ibu hamil sangat bermanfaat? Hal ini karena pisang mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, protein, asam folat, lemak, karbohidrat, kalsium, posfor, serat, kalium, magnesium dan mineral penting lainnya.

Manfaat Pisang Ambon Untuk Ibu Hamil

  1. Vitamin B

Kandungan vitamin B pada pisang ambon sangat berguna untuk mengatasi keluhan di awal kehamilan. Keluhan paling umum dialami oleh ibu hamil yaitu morning sickness dengan gejala mual, muntah dan pusing. Dengan mengkonsumsi buah pisang secara teratur maka sangat berguna untuk meredakan keluhan tersebut.

  1. Asam folat

Asam folat sangat dibutuhkan pada waktu hamil untuk mengoptimalkan perkembangan janin terutama dalam hal pembentukan tabung saraf. Kekurangan asam folat sangat beresiko menyebabkan kelainan pada bayi seperti cacat pada waktu lahir. Kandungan asam folat pada buah pisang sangat tinggi sehingga efektif untuk melengkapi kebutuhan asam folat pada waktu hamil.

  1. Serat dan kalium

Gangguan pencernaan seperti sembelit merupakan hal yang paling umum dialami oleh ibu hamil. Kandungan serat dan kalium pada buah pisang ambon sangat berguna untuk mengatasi keluhan tersebut. Konsumsilah buah pisang secara teratur, dengan begitu maka sangat efektif untuk menjaga kesehatan pencernaan selama hamil.

  1. Sumber energi bagi ibu hamil

Dalam 100 gram pisang ambon terdapat 99 kkal. Hal ini tentunya sagat efektif untuk meningkatkan energi ibu hamil sehingga membantu mengatasi kelelahan selama hamil.

  1. Mencegah anemia

Kandungan mineral zat besi terbukti ampuh dalam membantu pembentukan hemoglobin. Dengan  begitu maka hal ini sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit anemia yang rentan menyerang ibu hamil. Selain itu, kandungan mineral tersebut berguna dalam memperlancar sirkulasi darah sehingga asupan nutrisi untuk janin tidak akan terhambat.

  1. Menekan resiko penyakit diabetes

Pisang ambon memiliki kandungan gula alami yang mudah diserap oleh tubuh. Hal ini tentunya sangat berguna untuk mencegah penyakit berbahaya pada waktu hamil. Pada dasarnya buah pisang bisa mengontrol dan menyeimbangkan kadar gula dalam darah.

Related Posts

Share This