Pilihan Nutrisi Yang Tepat Untuk Menjaga Kesehatan Anak Pada Waktu Musim Hujan

Anak-anak membutuhkan asupan makanan yang bergizi untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangannya. Pada tahap pertumbuhan, anak-anak membutuhkan lebih banyak asupan nutrisi bila dibandingkan dengan orang dewasa. Selain untuk menunjang pertumbuhan, asupan nutrisi dibutuhkan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga anak tidak akan mudah sakit.

Menjaga kesehatan anak pada masa pertumbuhan merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh orangtua. Hal ini bertujuan supaya pertumbuhan anak tidak akan terganggu. Kondisi sistem kekebalan tubuh anak yang belum sepenuhnya sempurna sangat rentan terkena infeksi virus dan penyakit. Terlebih lagi dengan perubahan musim dan kondisi cuaca yang tidak menentu. Pada musim hujan biasanya anak-anak sangat rentan terkena penyakit. Meskipun penyakit tersebut bersifat ringan, akan tetapi tetap saja akan berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak.

Nutrisi Untuk Menjaga Kesehatan Anak di Musim Hujan

Berikut Ini Ada Beberapa Pilihan Nutrisi Untuk Menjaga Kesehatan Anak Pada Waktu Musim Hujan

Madu

Madu memiliki kandungan protein yang berguna untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Madu sangat cocok diberikan untuk anak pada waktu musim hujan untuk menjaga stamina tubuh sehingga anak tidak gampang sakit. Hal ini karena madu memiliki zat antibiotik yang mampu melawan berbagai serangan virus yang bisa menyebabkan penyakit pada musim hujan.

Minyak ikan

Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak pada waktu musim hujan, Anda bisa menambahkan minyak ikan pada amakanan anak. Minyak ikan mengandung asam lemak omega-3 yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak.

Susu kedelai

Susu kedelai merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung flavonoid. Jenis flavonoid yang terkandung yaitu isoflavon berguna untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga anak tidak akan mudah sakit. Selain itu, susu kedelai juga mengandung protein, karbohidrat, mineral, serat dan vitamin yang bermanfaat sebagai sumber energi, memperbaiki sel-sel yang rusak dan membantu proses metabolisme.

Buah-buahan

Sumber makanan yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak pada musim hujan yaitu buah-buahan. Kandungan vitamin C pada buah berfungsi sebagai antioksidan yang akan menangkal radikal bebas dan zat asing penyebab penyakit. Asupan vitamin C yang mencukupi akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Vitamin C bisa diperoleh dengan mengkonsumsi buah-buahan seperti jeruk. Selain itu untuk menambah asupan vitamin, Anda juga bisa memberikan sayur-sayuran untuk anak.

Makanan yang mengandung zinc (seng)

Seng merupakan salah satu nutrisi yang berguna untuk menunjang pertumbuhan anak-anak, meningkatkan perkembangan otak anak dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Untuk menjaga kesehatan anak pada musim hujan, Anda bisa memberikan asupan makanan yang mengandung seng seperti daging merah.

Related Posts

Share This