Pilihan Menu Makanan Untuk Bayi 6 Bulan Pertama

Pada usia 6 bulan merupakan waktu yang sangat tepat untuk memperkenalkan makanan padat pada bayi. Pemberian ASI secara ekslusif hanya dianjurkan selama 6 bulan dan setelah itu bayi bisa diperkenalkan dengan makanan padat atau makanan pendamping ASI. Dalam memperkenalkan makanan untuk bayi 6 bulan, sebaiknya Anda lebih berhati-hati dan teliti. Hal ini karena pada usia tersebut sistem pencernaan bayi belum sepenuhnya berfungsi dengan sempurna.

Makanan untuk bayi 6 bulan

Resep dan Menu Makanan Untuk Bayi 6 bulan

Menu makanan bayi 6 bulan harus memiliki tekstur yang lembut sehingga memudahkan bayi untuk menelan. Selain itu, tekstur halus dari makanan sangat berguna untuk sistem pencernaan bayi yang belum sempurna. Pemberian makanan untuk bayi 6 bulan harus dilakukan secara bertahap supaya sistem pencernaan bayi lebih mudah untuk beradaptasi.

Pada waktu pertama kali memperkenalkan makanan pendamping ASI pada bayi sebaiknya Anda memberikan makanan seperti bubur dengan tekstur yang encer. Makanan yang disajikan untuk bayi 6 bulan sebaiknya tidak menggunakan tambahan rasa seperti garam atau gula. Hal ini untuk menghindari berbagai macam gangguan pada sistem pencernaan bayi. Selain itu, pemberian porsi makan untuk bayi pada usia tersebut harus terjadwal dan diberikan secara bertahap. Berikut ini ada beberapa resep atau menu makanan bayi 6 bulan:

  • Bubur Beras Merah atau Beras putih

Menu yang bisa Anda berikan dalam memperkenalkan makanan pendamping ASI untuk pertama kalinya yaitu bubur beras merah. Bahan-bahan yang bisa diperlukan yaitu beras merah, air dan ASI perah. Cara membuatnya yaitu rebus beras merah dan air sampai matang. Setelah matang tambahkan ASI perah dan aduk sampai rata. Bubur beras merah dengan campuran ASI merupakan salah satu menu makanan yang sangat efektif untuk bayi usia 6 bulan.

  • Bubur ikan sarden
Baca Juga:  Manfaat dan Cara Membuat Bayi Sendawa

Bahan-bahan untuk membuat bubur ikan sarden yaitu 25 gram beras, 20 gram tahu, 40 gram ikan sarden, 25 gram kacang merah yang dihaluskan dan 500 ml sari tomat. Cara membuatnya yaitu beras yang telah dicuci kemudian dicampurkan dengan sari tomat dan direbus selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu sampurkan ikan sarden, tahu dan kacang merah yang telah dihaluskan. Aduk sampai rata dan tercampur. Bubur siap untuk disajikan.

  • Bubur alpukat dan pisang

Buah alpukat dan pisang memiliki tekstur yang halus dan mengandung banyak nutrisi untuk menunjang pertumbuhan bayi. Untuk membuat bubur alpukat, Anda cukup menyediakan buah alpukat matang dan ASI perah. Buah alpukat dihaluskan dengan blender kemudian dicampur dengan ASI dan diaduk rata. Begitupun dengan bubur pisang, bahan yang diperlukan yaitu buah pisang yang sudah benar-benar matang kemudian dicampur dengan ASI dan dihaluskan. Bubur pisang bisa menjadi alternatif Anda dalam meperkenalkan makanan padat pada bayi.

  • Bubur apel

Bubur apael bisa menjadi piilihan Anda dalam menyajikan menu makanan bayi 6 bulan pertama. Apel merupakan salah satu buah yang mengandung banyak vitamin sehingga berguna untuk melengkapi kebutuhan nutrisi bayi. Cara membuatnya yaitu buah apel sebanyak 50 gram dikupas dan dipotong kecil-kecil, setelah itu direbus dan dihaluskan dengan menggunakan blender. Tambahkan campuran ASI perah dan saring terlebih dahulu sebelum diberikan pada bayi.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517