Pilihan Menu Makanan Bayi 7 Bulan

Hi bunda! Pada perkembangan bayi 7 bulan, mereka sudah mulai menunjukkan perkembangan dalam setiap gerakan ringan, salah satunya menggerakkan badan mereka untuk menggapai sejumlah benda yang ada di sekitar mereka. Bukan hanya itu, di usia ini si kecil juga mulai menunjukkan pertumbuhan giginya, di pertumbuhan yang semakin pesat ini membuat bunda menjadi sangat berhati-hati dalam menjaganya, terutama dalam memilih makanan bayi 7 bulan agar perkembangan si kecil tidak terganggu.

Ketika usia si kecil memasuki usia 7 bulan, bunda harus benar-benar memperhatikan asupan makan si kecil, hal ini dikarenakan pertumbuhannya yang semakin pesat. Tapi satu hal yang harus bunda ingat, asupan makanan si kecil ketika pertama kali di perkenalkan dengan makanan tidak sama dengan asupan makanan yang bunda berikan ketika si kecil berusia 7 bulan. Bunda harus lebih cermat lagi dalam memilih makanan untuk bayi 7 bulan.

Di usia 7 bulan ini, nutrisi yang di butuhkan si kecil hampir sama dengan nutrisi yang di butuhkan pada usia sebelumnya. Bahkan di usia 7 bulan ini si kecil sangat membutuhkan asupan nutrisi yang bisa memberikan pertumbuhan yang sangatlah baik. Dan berikut ini beberapa nutrisi yang si butuhkan oleh bayi 7 bulan, yaitu sebagai berikut:

  1. Karbohidrat

Selain ASI, si kecil juga membutuhkan makanan pendamping yang memiliki kandungan karbohidrat yang memang dapat menghasilkan energi untuk membantu tumbuh kembang si kecil.

  1. Lemak Sehat

Bayi 7 bulan juga membutuhkan kandungan lemak sehat yang banyak terkandung di dalam buah alpukat juga ikan. Karena lemak sehat mampu menyerap vitamin yang di butuhkan oleh si kecil.

  1. Mineral

Mineral yang di butuhkan si kecil di usia ini yaitu zat besi yang mampu membantu dalam membangun hemoglobin yang ada di dalam tubuh, kalsium, serta kromium.

  1. Vitamin

Si kecil bisa memenuhi vitamin yang dibutuhkannya dengan cara mengkonsumsi sayuran juga buah-buhan.

Di usia 7 bulan, bunda harus membatasi penambahan gula juga garam pada makanan bayi usia 7 bulan, sehingga tidak memperberat kinerja liver si kecil, ginjal juga pancreas. Bahkan penggunaan garam sangat tidak di anjurkan, karena kebutuhan garam si kecil sudah terpenuhi dari ASI yang bunda berikan. Nah, berikut ini ada beberapa resep atau menu makanan bayi 7 bulan yang bisa bunda jadikan sebagai pilihan untuk di berikan kepada si kecil.

  1. Menu Nasi Tim Saring Hati Ayam

Bahan :

  • 20 gram beras putih
  • 25 gram hati ayam
  • 25 gram tempe
  • 50 gram labu kuning
  • 25 gram tomat
  • air secukupnya

Cara Membuat :

Bunda bisa mencampurkan beras dengan air, hati ayam serta tempe. Setelah itu rebus dan aduk sampai menjadi bubur.

Setelah itu, camputkan labu kuning serta tomat sampai keadaan matang, setelah keadaan dingin bunda bisa menghaluskannya dengan menggunakan blender atau bahkan saringan kawat.

  1. Bubur Buah Alpukat

Bahan

  • 1 sdm tepung beras (disarankan beras merah)
  • 10 ml air minum
  • 50 gram buah alpukat matang yang dihaluskan

Cara Membuat:

  • Masukkanlah tepung beras merah ke dalam air, aduk sampai keadaan merata. Setelah itu gunakanlah api sedang, aduklah sampai keadaan tidak menggumpal.
  • Setelah itu masukkan alpukat dan papaya, aduk sampai asapnya hilang.
  • Sajikan dalam keadaan masih hangat.

Nah, itulah beberapa menu makanan yang bisa bunda sajikan pada bayi 7 bulan. Menu tersebut hanya sebagian, dan bunda bisa mencari menu lainnya yang memang baik untuk di berikan pada bayi 7 bulan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517