Pilihan Makanan Untuk Ibu Menyusui

Kehamilan, melahirkan, menyusui merupakan kodrat setiap wanita di dunia ini. Wanita merupakan makhluk istimewa yang diciptakan Tuhan. Dalam proses menyusui tentunya banyak sekali hal yang harus diperhatikan supaya asupan nutrisi untuk bayi bisa terpenuhi dengan sangat baik. Ibu menyusui sebaiknya mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi sebab si kecil membutuhkan asupan nutrisi yang sangat banyak. Lalu apa saja makanan untuk ibu menyusui yang direkomendasikan untuk menjaga asupan nutrisi bayi?

Makanan merupakan salah satu komponen penting yang dibutuhkan sebagai alat untuk menghantarkan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam proses menyusui, asupan makanan yang bergizi tentunya harus menjadi prioritas utama yang sabaiknya diperhatikan oleh setiap wanita. Kekurangan asupan nutrisi selama menyusui sangat berisiko terhadap kekurangan gizi pada anak sehingga berisiko terhadap gangguan perkembangan dalam jangka panjang.

ASI merupakan makanan utama bagi bayi yang baru lahir hingga berusia 6 bulan. Pemberian ASI ekslusif selama 6 bulan memang sangat diwajibkan guna mendukung tumbuh kembang si kecil. Setelah 6 bulan baru didukung dengan makanan pendamping ASI guna melengkapi kebutuhan nutrisinya seiring dengan perkembangannya yang semakin membutuhkan banyak asupan nutrisi.

Selain memperhatikan kelengkapan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi selama menyusui, perhatikan juga higienitas dari makanan yang Bunda konsumsi. Perlu diketahui bahwa setiap makanan yang dikonsumsi oleh ibu menyusui akan mempengaruhi ASI yang dihasilkan sehingga perlu dijaga dengan sangat baik.

Jenis-jenis Makanan Untuk Ibu Menyusui

Beras Merah

Salah satu jenis makanan untuk ibu menyusui yaitu beras merah. Jika dibandingkan dengan beras putih, beras merah merupakan jenis makanan pokok yang paling direkomendasikan untuk ibu menyusui. Mengapa beras merah? Hal ini karena beras merah mengandung sejumlah nutrisi yang baik untuk ibu menyusui. Apa saja kandungan beras merah? Salah satu kandungan penting pada beras merah yaitu karbohidrat kompleks yang sangat cocok untuk ibu menyusui. Beras merah dengan kandungan karbohidrat kompleks tentunya bisa menjaga berat badan ideal ibu menyusui karena bisa menghilangkan penumpukan lemak jahat dalam darah.

Brokoli

Selanjutnya jenis makanan yang direkomendasikan untuk ibu menyusui yaitu sayuran jenis brokoli. Kandungan nutrisi pada sayuran brokoli sangat berguna untuk ibu menyusui karena bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan otak bayi. Hal ini karena brokoli mengandung nutrisi berupa asam folat yang cukup tinggi. Selain itu, brokoli juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas ASI. Bahkan kandungan kalsiuam yang cukup tinggi pada brokoli juga bisa mendukung pembentukan dan memelihara kesehatan tulang bayi.

Selada

Makanan yang satu ini juga direkomendasikan untuk ibu menyusui karena mengandung sejumlah nutrisi seperti asam folat, zat besi, senyawa flavonoid, serat dan nutrisi penting lainnya. Dengan kandungan nutrisi tersebut tentunya berguna membantu meningkatkan jumlah sel darah merah, melancarkan sistem pencernaan, meningkatkan kecerdasan otak anak dan juga menangkal radikal bebas.

Daun Katuk

Bunda tahu khasiat daun katuk? Mungkin sudah sering mendengar khasiat daun katuk untuk ibu menyusui guna melancarkan ASI dan meningkatkan produksi ASI. Konsumsi daun katuk memang bisa membantu meningkatkan produksi ASI bagi ibu menyusui sehingga konsumsinya sangat direkomendasikan bagi ibu menyusui.

Ikan Salmon

Salmon merupakan salah satu jenis makanan yang tinggi akan kandungan nutrisi. Salah satunya yaitu kandungan asam lemak omega-3 yang berguna untuk membantu perkembangan sel-sela saraf seprti perkembangan otak si kecil dan meningkatkan kecerdasannya. Konsumsi ikan salmon dengan pengolahan yang baik dan benar untuk memperoleh nutrisinya.

Buah-buahan

Selanjutnya konsumsi buah-buahan untuk membantu mendukung nutrisi selama masa menyusui. Buah-buahan yang kaya akan kandungan vitamin C tentunya sangat berguna untuk mendukung tumbuh kembang bayi dalam masa pertumbuhan. Dengan asupan vitamin C dari buah-buahan tentunya akan memperkuat sistem imun ibu dan bayi selama proses menyusui sehingga terbebas dari ancaman virus berbahaya.

Demikian beberapa jenis makanan untuk ibu menyusui yang direkomendasikan guna menunjang tumbuh kembang si kecil dan menjaga kesehatan ibu menyusui. Menjaga asupan nutrisi selama menyusui merupakan salah satu hal penting dalam upaya untuk menjaga asupan nutrisi untuk tumbuh kembang si kecil. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517