Pilihan Makanan Untuk Bayi 6 Bulan Selain ASI

Makanan untuk bayi 6 bulan sebaiknya memang sudah bunda berikan kepada si kecil secara rutin. Mengapa? Hal ini dikarenakan selain ASI eksklusif, bayi yang masih berusia 6 bulan juga membutuhkan jenis makanan pembantu lainnya selain ASI, yang memang bisa di konsumsi ketika si kecil berusia 6 bulan atau bahkan setelah usianya mencapai 6 bulan.

Anjuran mengenai hal tersebut diungkapkan langsung oleh kementrian kesehatan, dikarenakan ketika usia si kecil masih bayi, yakni berkisar antara 0-6 bulan, bayi di anjurkan untuk mengkonsumsi ASI eksklusif yang berguna sebagai pengganti makanan sekaligus berguna sebagai obat penyembuh juga berguna untuk mencegah penyakit yang kerap kali menyerang si kecil. Maka dari itu, ketika si kecil terserang penyakit, maka biasanya dokter lebih menganjurkan bunda untuk lebih banyak memberikan ASI kepada si kecil.

Ketika si kecil memasuki usia 6 bulan, maka bunda harus sudah mulai mengenalkan makanan sehat untuk bayi 6 bulan. Setidaknya bunda bisa memilih beberapa jenis makanan yang memiliki tekstur yang tepat.

Berikut ini ada beberapa pilihan makanan yang baik untuk bayi 6 bulan, yaitu sebagai berikut:

  1. Bubur Susu

Bubur susu merupakan salah satu jenis makanan yang tepat untuk bunda berikan kepada si kecil. Bubur susu selain tepat dijadikan mapanan pendamping ASI, juga sangat baik diberikan karena bisa membuat tubuh si kecil menjadi sehat. Jenis bubur susu merupakan jenis makana padat pertama yang sebaiknya bunda berikan kepada si kecil di tahapan awal.

  1. Bubur Susu Kentang

Selain bubur susu, bunda juga bisa menjadikan bubur susu kentang sebagai makanan untuk bayi 6 bulan. Dan sebaiknya, bunda lebih pintar lagi dalam memilih varian makanan untuk diberikan kepada si kecil, agar si kecil tidak merasa bosan dengan makanan yang di konsumsinya.

  1. Bubur Sayur

Penting untuk bunda ketahui, bahwa bayi juga butuh mengkonsumsi berbagai macam sayuran, hal ini bertujuan guna menjaga kesehatan tubuh si kecil. Dan bunda bisa membuat bubur sayur untuk di konsumsi si kecil ketika usianya masih 6 bulan.

  1. Bubur Buah

Bukan hanya sayuran, bunda juga bisa menjadikan sayur buah sebagai varian makanan si kecil. Karena kandungan yang ada di dalam buah-buhan juga sangat di butuhkan guna menjaga kesehatan si kecil juga membantu dalam pertumbuhan juga perkembangan si kecil. Namun bayi tidak bisa mengkonsumi buah-buhan secara langsung, maka setidaknya bunda bisa menjadikan buah-buhan sebagai sayur. Atau bisa di konsumsi secara langsung dengan catatan tekstur buah yang akan di berikan kepada si kecil tidak terlalu kasar juga tidak terlalu padat.

Related Posts

Share This