Pilihan Makanan Bergizi Untuk Anak di Musim Hujan

Musim penghujan kerap kali menimbulkan gangguan kesehatan karena kondisi cuaca yang lembab menyebabkan perkembangan virus dan bakteri lebih cepat. Gangguan kesehatan pada musim hujan memang bersifat ringan seperti flu atau pilek. Namun tetap saja berbahaya jika dibiarkan dan tidak segera ditangani dengan benar. Terlebih lagi jika infeksi virus tersebut menyerang anak-anak bisa membahayakan perkembangannya. Oleh karena itu pentingnya menjaga kesehatan anak pada musim penghujan bisa Anda lakukan salah satu caranya yaitu dengan memberikan asupan makanan bergizi untuk anak.

Asupan makanan yang bergizi pada musim penghujan memang sangat penting sebagai upaya dalam meningkatkan sistem imun anak. Jika sistem pertahanan tubuh berfungsi dengan baik maka kemungkinan si kecil akan terhindar dari resiko infeksi virus dan bakteri berbahaya. Lalu apa saja jenis makanan bergizi untuk menjaga kesehatan anak pada musim hujan?

Berikut Ini Daftar Makanan Yang Bergizi Untuk Anak Pada Musim Hujan

  1. Madu

Nah, salah satu jenis makanan sehat untuk anak pada musim hujan untuk meningkatkan imunitas tubuhnya yaitu madu. Jenis makanan ini merupakan salah satu protein yang bisa membantu dalam meningkatkan imunitas tubuh pada musim hujan. Protein yang terkadnung pada madu akan menjaga stamina si kecil sehingga tidak akan mudah terserang penyakit. Bahkan madu mengandung senyawa antibiotik yang mempu menangkal mikroorganisme berbahaya pada musim hujan.

  1. Daging Merah Bebas Lemak

Daging merah pada umumnya mengandung zinc yang berguna untuk meningkatkan imunitas anak. Manfaat lain dari daging merah untuk anak yaitu membantu pertumbuhan anak, memelihara kesehatan mata, meningkatkan imunitas dan intelegensi anak. Berikan daging merah secara teratur pada anak untuk menjaga kesehatannya di musim hujan.

  1. Susu Kedelai

Susu kedelai kaya akan kandungan nutrisi seperti serat, lemak, protein, mineral, vitamin dan karbohidrat. Manfaat mengkonsumsi susu kedelai yaitu memperbaiki sel-sel yang rusak, melancarkan metabolisme, sumber energi dan meningkatkan imunitas tubuh. Susu kedelai mengandung flavonoid yang berperan penting dalam mencegah infeksi penyakit di musim penghujan. Falvonoid bekerjasama dengan isoflavon untuk meningkatkan imunitas tubuh anak.

  1. Buah Jeruk

Kandungan vitamin C yang sangat tinggi pada jeruk berguna untuk menangkal radikal bebas dan virus penyakit pada musim hujan. Vitamin C berperan dalam meningkatkan imunitas tubuh dalam menangkal perubahan cuaca yang berpotensi membawa penyakit.

  1. Minyak Ikan

Tambahkan minyak ikan pada makanan si kecil karena berguna sebagai zat gizi untuk kebutuhan pertumbuhannya. Pada dasarnya minyak ikan mengandung asam lemak omega-3 yang berguna dalam membantu meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan infeksi virus dan bakteri. Pilihlah jenis ikan tuna atau salmon untuk anak. Jauhkan si kecil dari jenis ikan oyang mengandung merkuri tinggi karena membahayakan kesehatan dan tumbuh kembangnya.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517