Pilek Pada Anak? Inilah Cara Mengatasinya!

Anak-anak pada usia balita sangat rentan terkena infeksi virus. Hal ini mengingat sistem kekebalan tubuhnya belum berfungsi dengan sempurna. Salah satu contohnya yaitu gangguan kesehatan ringan seperti pilek atau flu. Meskipun bukan gangguan kesehatan yang serius, namun pilek pada anak harus segera ditangani karena bisa mengganggu kenyamanan, bahkan proses tumbuh kembangnya.

Pada dasarnya pilek akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Anda tidak perlu panik dan hindari pemberian obat-obatan. Untuk mengatasi pilek pada anak sebaiknya Anda menggunakan cara-cara alami yang tidak akan memperparah kondisi kesehatannya. Anda tidak perlu khawatir, pada kesempatan ini penulis akan berbagi informasi tentang cara-cara mengatasi pilek pada anak.

Pertolongan Pertama Untuk Mengatasi Pilek Pada Anak

  • Hangatkan tubuh anak

Salah satu cara mengatasi pilek pada anak yaitu dengan menghangatkan tubuhnya menggunakan minyak telon atau kayu putih. Posisikan tubuh si kecil senyaman mungkin kemudian oleskan minyak telon secukupnya pada bagian perut. Selain itu, perintahkan si kecil untuk menghirup aroma dari minyak kayu putih. Cara seperti ini dinilai lebih efektif untuk melegakkan hidung tersumbat.

  • Penguapan secara alami

Pilek tentunya mengganggu kenyamanan dan membuat si kecil kesulitan untuk bernafas. Untuk mengatasinya, cobalah menggunakan teknik penguapan. Caranya sangat mudah, sediakan air hangat di dalam sebuah wadah, kemudian masukan minyak kayu putih/telon beberapa tetes. Biarkan si kecil untuk menghirup uap air tersebut. Ini akan membantu mengencerkan lendir yang menyumbat hidung anak.

  • Pijat hidung si kecil

Cara mengatasi pilek pada anak yang selanjutnya yaitu dengan melakukan pemijatan secara halus menggunakan sedikit minyak telon pada bagian hidung. Lakukan secara perlahan dan hati-hati. Tekan secara lembut untuk mengeluarkan lendir yang menyumbat hidung si kecil.

  • Membuat makanan hangat

Anda dapat meringankan pilek pada anak dengan cara yang lebih sederhana yaitu membuat sup kaldu ayam. Disamping itu, Anda juga bisa membuat ramuan herbal berupa air jahe campur madu ataupun air jeruk campur madu.

  • Berikan air putih

Ketika si kecil terkena pilek, berikan air putih lebih banyak. Hindari pemberian jus buah ataupun produk minuman kaleng. Air putih dinilai lebih baik untuk membantu meredakan pilek pada anak.

  • Larutan garam

Air garam dipercaya bisa mengencerkan ingus yang menyumbat hidung anak. Selain itu, manfaat air garam yaitu untuk memperbaiki selaput hidung dan memperlancar sumbatan. Caranya sangat mudah yaitu dengan melarutkan garam setengah sendok teh ke dalam air hangat, kemudian teteskan ke dalam hidung anak menggunakan pipet. Lakukan secara hati-hati dan jangan berlebihan.

Sangat mudah bukan untuk menangani pilek pada anak tanpa obat-obatan? Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi referensi Anda dalam mengatasi pilek pada anak.

Related Posts

Share This