Pijat Ibu Hamil, Apakah Aman Dilakukan?

Halo bumil! Kali ini kami akan membahas artikel mengenai pijat ibu hamil. Selama Anda menjalani masa kehamilan, maka Anda akan sering mengalami keluhan yang berhubungan dengan keadaan fisik Anda. Dan salah satu yang kerap Anda rasakan ketika hamil trimester kedua sampai menjelang proses persalinan yakni berat badan yang semakin hari semakin membesar, dan itu akan sangat menyulitkan ibu hamil untuk bertahan dalam waktu yang lama dalam posisi duduk atau bahkan posisi berdidi, dan hal tersebut membuat ibu hamil sering merasa pegal-pegal. Dan ketika pegal-pegal menyerang ibu hamil, perasaan ingin di pijat selalu di rasakan oleh ibu hamil. Lantas, apakah pijat ibu hamil aman untuk di lakukan?

Perlu ibu hamil ketahui, banyak cara yang bisa Anda lakukan guna menghindari rasa pegal-pegal, salah satunya yaitu dengan melakukan pola hidup sehat selama kehamilan. Namun walaupun seperti itu, masih ada diantaranya beberapa ibu hamil yang kerap melakukan pijat untuk ibu hamil selama kehamilan untuk mengurangi rasa pegal. Lantas, apakah boleh ibu hamil melakukan pijat selama kehamilan?

Jika dilihat menurut pandangan medis, pemijatan atau pijat saat hamil masih bisa dilakukan, dengan catatan pemijatan di lakukan pada bagian tubuh tertentu, seperti kaki juga tangan yang kerap kali mengalami keram. Sedangkan pemijatan yang di larang yaitu pemijatan di bagian perut atau rahim, karena bisa membahayakan ibu juga janin yang ada di dalam kandungan. Bahkan di sarankan pula untuk ibu hamil melakukan pemijatan di tempat khusus untuk ibu hamil.

Berikut ini manfaat yang bisa ibu hamil dapatkan dari proses pemijatan refleksi, yaitu sebagai berikut:

  1. Meringankan mual dan muntah

Di awal kehamilan, biasanya ibu hamil akan mengalami mual yang disertai dengan muntah atau morning sickness, nah kondisi ini bisa di atasi dengan cara melakukan terapi pijat refleksiologi.

  1. Mengoptimalkan kesehatan ibu hamil

Di usia kandungan yang memasuki trimester kedua, biasanya ibu hamil sering mendapatkan keluhan. Guna mengatasi keluahan ini, maka ibu hamil bisa melakukan terapi refleksiologi, karena hal ini bisa membantu seorang ibu hamil dalam mengatus fungsi dari kelenjar tiroid, mampu melancarkan sirkulasi darah, mampu mengatur metabolisme tubuh, memperkuat imunitas tubuh, dan masih banyak lagi.

  1. Mempersiapkan proses persalinan

Semakin membesar usia kehamilan Anda, maka hal ini bisa menimbulkan berbagai macam keluhan saat kehamilan. Bahkan pijat refleksi ini bisa di khususkan dan dianjurkan untuk janin yang masih dalam keadaan atau posisi sungsang, dan hal ini harus di lakukan atas dasar izin dari dokter. Pijat refleksi ini mampu membantu dalam aliran nutrisi serta oksigen dari ibu ke janin yang ada di dalam kandungan.

Maka dari itu, pijat ibu hamil sebenarnya aman untuk di lakukan selama aman untuk kondisi Anda juga janin yang ada di dalam kandungan serta di lakukan atas saran dokter, bahkan pijat ini boleh di lakukan dengan catatan di lakukan oleh ahli.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517