Petunjuk Bagi Orangtua Untuk Kesehatan Anak Gemuk

Kesehatan anak menjadi salah satu fokus penting bagi setiap orangtua. Anak yang sehat tentunya akan tumbuh dan berkembang dengan sangat baik. Sebaliknya jika kesehatan anak terganggu maka hal ini sangat berisiko menyebabkan gangguan pertumbuhan yang pada akhirnya rentan juga terkena berbagai jenis penyakit lain. Dalam hal ini kesehatan si kecil dalam masa pertumbuhan harus benar-benar di jaga dengan baik.

Menjaga kesehatan untuk si kecil pada dasarnya bukanlah yang sulit untuk dilakukan. Salah satu kcara dalam menjaga kesehatan anak yaitu dengan mulai mengajarkan pola hidup sehat sejak dini pada anak seperti mengkonsumsi makanan bergizi, olahraga dan hindari aktivitas yang sekiranya dapat membahayakan kesehatan.

Memiliki anak yang gemuk dan sehat tentunya menjadi dambaan setiap orangtua. Anak gemuk menjadi salah satu indikator kesehatan dan tumbuh dengan baik. Namun jika anak terlalu gemuk tentunya hal ini perlu diwaspadai. Kelebihan berat badan pada anak bisa berisiko menyebabkan berbagai jenis penyakit dan bahkan hal ini menjadi salah satu penghambat tumbuh kembang yang sehat pada anak.

Nah, bagi Anda yang memiliki anak dengan berat badan yang berlebih maka sebaiknya lakukan beberapa hal positif yang sekiranya bisa menjaga kesehatan anak. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda jalankan!

Berikan Contoh yang Baik Bagi Anak

Nah salah satu hal yang perlu Anda perhatikan jika ingin menerapkan gaya hidup sehat pada anak maka Anda harus senantiasa menjadi model atau contoh yang baik bagi anak. Anda sebagai orangtua hendaknya memiliki gaya hidup sehat jika ingin memiliki anak yang sehat. Salah satu contohnya yaitu Anda harus senantiasa menyediakan makanan sehat untuk anak dan jangan pernah sesekali memesan makanan yang kurang sehat seperti junkfood. Kebiasaan Anda akan ditiru oleh anak. Berhati-hatilah.

Buatlah Acara Makan Menjadi Aktivitas Khusus

Jangan membiarkan si kecil makan sambil melakukan aktivitas lain. Buatlah acara makan sebagai acara khusus dan jangan mencampuradukan dengan aktivitas lain seperti menonton televise dan lain sebagainya. Jika acar makan anak campur aduk dengan kegiatan lain maka hal ini bisa semakin meningkatkan berat badannya.

Batasi Anak Dalam Bermain Komputer atau Menonton Televisi

Jangan menaruh televisi di kamar anak karena hal ini akan mempengaruhi kesehatan anak. Disamping itu, jangan membiarkan anak bermain video game dengan waktu yang lama, misalnya menghabiskan seharian waktu libur dengan hanya bermain game. Kebiasaan ini akan memicu kenaikan berat badan anak secara drastis. Terlabih lagi jika tidak diimbangi dengan aktivitas sehat dan makanan sehat.

Fokus Dengan Aktivitas Positif

Selanjutnya yaitu dengan fokus pada sasaran hal-hal yang positif untuk anak. Misalnya dengan mengajak anak untuk bersepeda atau lari santai. Hal ini bisa Anda lakukan untuk membuat si anak senantiasa terbiasa dengan hidup sehat sehingga bisa membantu menjaga berat badannya.  Hal ini juga sangat berguna untuk kesehatan anak yang memiliki kelebihan berat badan.

Nah demikian beberapa hal yang sebaiknya dilakukan oleh orangtua jika memiliki anak yang lebih gemuk. Pada intinya sangat sederhana sekali yaitu dengan menjaga pola hidup anak sehari-hari. Pola hidup sehat menjadi poin penting yang akan membantu menjaga kesehatan anak dengan berat badan yang berlebih. Semoga ulasan ini menjadi referensi yang bermanfaat bagi Anda dalam menjaga kesehata anak dengan berat badan berlebih.

Related Posts

Share This