Perut Terasa Kencang Saat Hamil, Berikut Cara Mengatasinya!

Perut terasa kencang saat hamil bisa menjadi salah satu keluhan yang mengganggu kenyamanan ibu hamil. Gejala yang dirasakan yaitu perut terasa keras dan kulitnya seperti tertarik. Kebanyakan kasus, kondisi ini dirasakan oleh ibu hamil trimester ketiga. Bahkan ada yang menganggap bahwa kondisi tersebut sebagai gejala bahaya pada kehamilan karena bisa disertai kram dan kontraksi.

Perut kencang tidak hanya terjadi pada ibu hamil trimester akhir. Akan tetapi kondisi tersebut bisa terjadi paa ibu hamil muda. Beberapa penyebab perut kencang saat hamil muda yaitu kram perut, janin di dalam kandungan terlalu aktif, kontraksi palsu, aktivitas ibu hamil terlalu berat dan kemungkinan hamil bayi kembar.

Secara umum, perut kencang pada waktu hamil disebabkan oleh proses kontraksi dari rahim itu sendiri. Jika gejalanya wajar maka proses tersebut masih dikatakan normal. Namun meskipun demikian, apabila kondisi tersebut berlangsung dalam waktu yang cukup lama sebaiknya ibu hamil berkonsultasi dengan dokter.

Pada kebanyakan kasus biasanya perut kencang pada ibu hamil muda terjadi waktu malam hari menjelang tidur. Tidak heran jika kondisi ini sangat mengganggu kenyamanan ibu hamil untuk beristirahat. Biasanya disertai dengan kram perut yang berlangsung cukup lama yaitu sekitar 30 menit. Lalu bagaimana untuk mengatasi perut kencang saat hamil?

Berikut Trik Untuk Mengatasi Perut Kencang Saat Hamil

  1. Mandi air hangat

Salah satu cara mengatasi perut kencang pada usia kehamilan muda yaitu mandi air hangat. Cara ini sangat efektif untuk merileksasi otot-otot pada bagian perut/rahim yang sering terjadi kontraksi. Untuk membuat suasana lebih nyaman, Anda bisa menggunakan campuran aromaterapi.

  1. Pilih posisi tidur yang tepat

Untuk meredakan perut kencang atau kram perut pada malam hari, pilihlah posisi tidur yang sesuai. Pastikan posisi tidur yang Anda gunakan benar-benar nyaman sehingga akan berdampak baik dalam meredakan kram/perut kencang.

  1. Oleskan minyak atau lotion

Oleskan minyak nabati pada bagian perut yang terasa kencang. Lakukan secara lembut dan jangan menekan terlalu kuat karena bisa membahayakan janin. Lakukan hal ini sebelum Anda pergi tidur pada malam hari. Minyak nabati yang bisa Anda gunakan yaitu minyak zaitun.

  1. Hindari aktivitas berat pada siang hari

Ibu hamil tidak dianjurkan untuk mengan ngkat beban terlalu berat karena bisa membahayakan janin di dalam kandungan. Aktivitas terlalu berat juga bisa berdampak pada kram atau perut kencang. Maka dari itu, sebisa mungkin sebaiknya ibu hamil menghindari aktivitas yang terlalu berat pada waktu hamil.

Itulah cara singkat dalam mengatasi kram perut pada waktu hamil muda. Untuk memperkuat otot rahim dan mencegah terjadinya kontraksi sebelum waktunya, konsumsilah makanan bergizi seimbang dan istirahat yang cukup.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517