Perut Kembung Mengganggu Aktivitas Anda? Atasi Dengan 4 Cara Alami Ini

Perut kembung merupakan salah satu kondisi dimana keadaan perut Anda terasa sangat penuh juga bengah, yang mana kondisi ini diakibatkan oleh penumpukan gas yang berada di dalam usu kecil Anda. Ketika perut Anda kembung, maka daerah sekitar perut Anda akan terlihat membengkak dan terasa sangat tidak nyaman. Dan biasanya, kembung akan disertai dengan adanya masalah dengan sistem pencernaan lainnya, seperti kram di bagian perut, sendawa, sakit di sekitaran perut, diare, sesak napas, serta munculnya sakit punggung di bagian bawah.

Bukan hanya adanya penumpukan gas di bagian usus kecil, namun perut kembung juga bisa di sebabkan oleh sembelit, mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang berlebihan, juga PMS. Namun apapun penyebabnya, kondisi ini pastinya membuat Anda merasa tidak nyaman bahkan bisa mengganggu aktivitas Anda.

Nah, di bawah ini ada beberapa cara alami yang ampuh untuk mengatasi perut kembung, apa sajakah itu? Berikut ulasannya:

1. Makanan dengan Probiotik

Probiotik merupakan mikroorganisme yang sangat baik yang tinggal serta tersebar bebas di bagian usus. Probiotik ini sangat bermanfaat untuk membantu kinerja sistem pencernaan dalam usus. Maka dari itu, probiotik juga sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah kembung yang Anda alami. Karena bakteri probiotik sangat bermanfaat dalam mengurangi terjaidnya penumpukan gas yang ada di dalam lambung ketika kita tengah mengalami kembung. Maka dari itu, ketika Anda mengalami kembung, Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang mengandung probiotik.

2. Peppermint

Peppermint memiliki kandungan minyak mentol, yang mana kandungan minyak mentol ini memiliki sifat sebagai anti-spasmodik terhadap sejumlah otot polos yang berada di saluran pencernaan. Peppermint ini sangat ampuh untuk mengurangi rasa tidak nyaman ketika keadaan perut kembung. Ketika Anda mengalami perut kembung, maka Anda bisa mengatasinya dengan mengunyah daun peppermint yang masih segar, guna mengatasi kondisi perut yang kembung.

Baca Juga:  Daun Kemangi Memiliki Banyak Khasiat dan Manfaat Bagi Kesehatan

3. Jahe

Jahe merupakan salah satu jenis rempah tradisional yang memang telah dikenal manfaatnya oleh banyak orang untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Dan salah satu manfaat yang dimiliki oleh jahe ini yaitu untuk mengatasi perut kembung. Mengapa demikian? Karena jahe memiliki beberapa kandungan bahan yang aktif, gingerol juga shogaols yang mana mampu membantu tubuh dalam mengurangi peradangan yang terjadi di bagian usus serta mampu mengendurkan sejumlah otot yang berada di bagian usus.

4. Teh Chamomile

Teh bunga chamomile juga ampuh untuk mengatasi masalah kembung perut, karena memiliki sifat sebagai anti-inflamasi serta anti-spasmodik yang mana mampu membantu tubuh untuk menenangkan bagian perut. Nah, jika Anda mengalami kembung, maka Anda bisa mengatasinya dengan menyeduh satu cangkir teh bunga chamomile yang dicampurkan dnegan satu sendok madu guna membantu Anda meredakan perasaan kembung.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517