Perubahan Yang Akan Terjadi Pada Kehamilan 20 Minggu

Pada kehamilan 20 minggu janin sudah memiliki bobot sekitar 11 ons dan panjang 25 cm. Pertumbuhan nya memang terbilang sangat cepat. Janin didalam kandungan sudah bereaksi jika ada suara-suara dari luar rahim. Bahkan secara perlahan janin akan mulai mengenali suara ibunya. Hal ini menunjukan bahwa otak janin sudah berkembang dengan baik.

Pergerakan janin akan semakin jelas dirasakan sehingga pada waktu tertentu Anda akan merasakannya. Disamping itu, kulit dan rambut janin kini tumbuh lebih baik. Bagian kulit akan terlihat lebih tebal dan lanugo akan tumbuh di hampir seluruh bagian permukaan kulit.

Selain perkembangan pada janin, di usia kehamilan 20 minggu juga akan terjadi banyak perubahan pada sang ibu. Apa saja perubahan tersebut? Berikut ini simak penjelasan lengkapnya.

Sering Bermimpi Buruk

Salah satu perubahan yang akan terjadi dan dialami oleh ibu hamil di 20 minggu kehamilan yaitu mimpi buruk. Biasanya sebagian wanita akan mengalami mimpi buruk tersebut secara berulang setiap malam. Namun jika hal ini terjadi pada Anda maka sebaiknya tetap bersikap tenang dan jangan panik. Mimpi buruk bisa saja terkait dengan stres atu kekhawatiran yang Anda rasakan.

Mulai Mengetahui Jenis Kelamin Janin

Pada usia kehamilan 20 minggu tentunya Anda sudah bisa mengetahui dengan jelas jenis kelamin janin melalui pemeriksaan medis menggunakan USG. Dengan begitu maka hal ini akan menjadi salah satu persiapan bagi Anda untuk menyambut kelahirannya nanti.

Baby Bump Lebih Jelas

Ukuran perut Anda akan semakin membesar dan terlihat jelas bahwa Anda sedang hamil. Akan tetapi mungkin ukuran tersebut berbeda pada setiap wanita tergantung postur tubuh dan pengaruh hormone.

Buang Air Kecil Lebih Sering

Janin yang semakin berkembang dan ukurannya semakin besar akan memberikan tekanan pada kandung kemih sehingga hal ini mengakibatkan Anda akan mengalami gejala sering buang air kecil. Dalam hal ini yag harus Anda perhatikan adalah asupan cairan untuk tubuh supaya terhindar dari resiko dehidrasi.

Rambut, kuku dan Alis Mulai Tumbuh

Pada usia kehamilan 5 bulan atau 20 minggu, maka bagian kuku, rambut dan alis janin akan mulai tumbuh. Hal ini bisa terlihat melalui pemeriksaan USG.

Gerakan Bayi Lebih Kuat

Sering bertambahnya umur maka perkembangan janin menjadi bayi semakin pesat. Kini pada usia kehamilan 5 bulan maka pergerakan bayi akan bisa dirasakan dengan sangat jelas mengingat pergerakannya semakin kuat. Anda akan merasakan tendangan-tendangan kecil yang jauh lebih kuat dari biasanya.

Merasakan Nyeri Di Bagian Sendi

Pada usia kehamilan 5 bulan, Anda akan merasakan nyeri dibagian sendi sekitar selangkangan ataupun pinggang. Hal ini tidak perlu Anda khawatirkan karena bersifat wajar. Untuk meredakannya bisa dengan cara dikompres menggunakan air hangat.

Pemenuhan gizi menjadi salah satu hal penting untuk membantu mengoptimalkan tumbuhkembang janin dalam jangka waktu pendek dan panjang. Kecukupan gizi pada masa kehamilan sangat penting untuk menjaga kesehatan janin didalam kandungan.

Nutrisi sangat penting untuk membantu pembentukan kekuatan fisik dan juga sistem imun janin. Disamping itu kecukupan gizi berpengaruh terhadap proses pengaturan metabolisme tubuh janin sehingga berdampak terhadap tumbuh kembangnya.

Kekurangan asupan gizi selama hamil beresiko terhadap gangguan dan kegagalan proses pertumbuhan bayi. Oleh karena itu kecukupan gizi selama hamil harus benar-benar diperhatikan dengan mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517