Pertumbuhan Janin di Kehamilan 32 Minggu

Kehamilan 32 minggu tentunya semakin dekat dengan waktu melahirkan. Anda mungkin sudah tidak sabar untuk melihat dan menggendong si kecil. Lalu bagaimana perkembangan si kecil pada minggu ke-32 ini?

Berat badan janin usia kehamilan 32 minggu yaitu sekitar 1,8 kg dan panjangnya yaitu 43 cm. Tingkat keselamatan bayi untuk lahir secara normal sangat besar. Kini proporsi besar kepala, panjang kaki, tubuh dan tangan semakin membaik pada minggu ini.

Perkembangan 32 minggu kehamilan memang sangat pesat. Lapisan jaringan lemak tubuh sudah membaik yang berada didalam kulit sehingga bisa menormalkan suhu tubuh bayi. Selain itu, kuku jari kaki atau tangan janin tumbuh sehingga bisa diamati dengan jelas pada minggu ini.

Disamping itu, kebiasaan si kecil didalam kandungan juga secara perlahan akan berubah. Kini si kecil akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk tidur. Dengan tidur maka proses prrtumbuhan akan berlangsung lebih baik.

Pada dasarnya di minggu ke-32 si kecil tidak akan bergerak aktif sebagaimana biasanya. Hal ini karena ukuran rahim juga mengalami penyempitan sehingga tidak memberikan kesempatan bagi si ekcil untuk aktif bergerak.

Janin yang berjenis kelamin wanita sudah mulai memiliki klitoris dengan jelas. Adapun pria, testikel yang awalnya berada didekat ginjal kini secara perlahan akan turun dan menuju ke skrotum.Semua perkembangan akan mengalami penyempurnaan di minggu ini.

Pertumbuhan organ kelamin janin memang mengalami penyempurnaan sejak masih embrio hingga janin berusia 32 minggu. Perkembangan ini tentunya akan mendukung fungsi alat vital tersebut sehingga nantinya bisa berfungsi dengan baik.

Salah satu keluhan yang mungkin saja terjadi pada ibu hamil di minggu ini yaitu gejala flu. Hal ini mengingat sistem kekebalan tubuh lebih rendah karena diprioritaskan untuk melindungi janin didalam kandungan.

Namun Anda jangan khawatir dan segera atasi flu dengan menggunakan ramuan alami yang mengandung vitamin C. Sebagaimana kita ketahui bahwa vitamin C berguna untuk meningkatkan sistem imun tubuh dan mencegah radikal bebas.

Makanan yang mengandung vitamin C terbilang ampuh untuk mengatasi flu saat Anda hamil. Konsumsilah jenis sayuran dan buah-buahan karena makanan tersebut kaya akan kandungan vitamin C atau antioksidan untuk kesehatan tubuh Anda di usia kehamilan 32 minggu.

Selain mengkonsumsi makanan yang mengandunga vitamin C, minumlah susu untuk meredakan flu. Seperti yang kita ketahui bahwa susu kaya akan kandungan nutrisi seperti kalsium, vitamin dan mineral yang berguna untuk kesehatan tubuh.

Persiapkan Diri Menjelang Persalinan

Memasuki minggu ke-32 memang banyak hal yang harus Anda persiapkan untuk menyambut kelahiran si kecil. Persiapan meliputi kesiapan fisik, mental, tempat bersalin, finansial dan persiapan lainnya terkait kebutuhan bayi yang baru lahir.

Perbanyaklah konsultasi dengan dokter kandungan ataupun ibu-ibu yang sudah berpengalaman dalam hal persalinan. Dengan bekal pengetahuan yang mumpuni maka Anda akan lebih siap untuk menghadapi persalinan.

Anda juga sebaiknya melakukan latihan untuk beberapa posisi melahirkan sehingga nantinya persalinan yang Anda jalani tidak akan mengalami gangguan dan hambatan. Bahkan latihan posisi bersalinan juga berguna untuk mengarahkan janin menuju ke jalan lahir.

Kebutuhan nutrisi tetap menjadi prioritas Anda selama hamil. Oleh karena itu pada minggu ke-32 perbanyak asupan makanan bergizi untuk mempersiapkan tubuh menjelanga persalinan dan juga membantu penyempurnaan tumbuh kembang janin sebelum dilahirkan. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517