Pertolongan Pertama Untuk Mengatasi Mimisan Pada Anak

Si kecil seringkali mimisan? Bunda tidak perlu khawatir dan jangan panik. Mimisan atau dalam istilah kedokteran biasa disebut dengan epistaksis merupakan pendarahan dari hidung secara tiba-tiba yang diakibatkan oleh trauma atau infeksi penyakit tertentu. Mimisan bisa terjadi pada siapa saja termasuk anak-anak.

Mimisan anak balita bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya yaitu akibat trauma pada hidung. Kondisi tersebut biasanya terjadi akibat benturan yang cukup keras ataupun karena kebiasaan mengorek hidung terlalu kasar. Selain itu, ada beberapa penyebab lain mimisan pada anak yaitu sebagai berikut:

  • Kondisi udara yang kotor sangat rentan mengakibatkan iritasi pada hidung. Bagian selaput lendir yang terkena infeksi lama kelamaan akan mengakibatkan pendarahan.
  • Udara dingin. Kondisi cuaca dengan udara yang dingin ataupun ruangan yang ber AC merupakan salah satu penyebab mimisan pada anak.
  • Beberapa kondisi kesehatan bisa mengakibatkan anak mengalami infeksi. Salah satunya yaitu terjadi peradangan pada selubung akar rambut di bagian depan rongga hidung.
  • Konsumsi obat-obatan. Obat jenis steroid yang biasa digunakan untuk melegakan hidung tersumbat bisa menjadi salah satu pemicu mimisan pada anak. Hal ini jika si kecil tidak cocok untuk menggunakan obat tersebut.

Pertolongan Pertama Mengatasi Mimisan Pada Anak

  1. Gunakan daun sirih

Salah satu cara untuk mengatasi mimisan pada anak yaitu dengan menggunakan daun sirih. Caranya yaitu dengan menggulungkan daun sirih seukuran lubang hidung kemudian sumbatkan pada hidung selama kurang lebih 10 menit sampai darah berhenti mengalir.

  1. Hindari membaringkan kepala anak

Jangan pernah membaringkan atau menundukan kepala anak jika sedang mimisan karena bisa semakin memperparah mimisan. Selain itu, hindari pula mengangkat atau menegadahkan kepala karena darah bisa mengalir ke pernapasan.

  1. Gunakan es batu

Bungkus es batu dengan kain atau handuk kecil kemudian tempelkan diantara kening dan hidung. Es batu berguna untuk mengecilkan pembuluh darah sehingga bermanfaat untuk menghentikan pendarahan pada mimisan.

  1. Usahakan posisi badan anak tegak

Usahakan supaya posisi tubuh anak dalam keadaan tegak dan jangan berbaring. Kemudian tutuplah lubang hidung si kecil untuk beberapa saat supaya darah berhenti mengalir. Biarkan anak bernafas lewat hidung.

  1. Bawa ke dokter

Jika kondisi mimisan terus berlanjut dan tidak bisa di hentikan dalam waktu lebih dari 10 menit. Sebaiknya segera ambil tindakan dengan membawa si kecil ke dokter. Pendarahan yang keluar secara terus menerus bisa menjadi indikasi adanya penyakit yang cukup serius pada saluran pernapasan di bagian hidung.

Demikian beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam memberikan pertolongan pertama untuk mengatasi mimisan pada anak. Pendarahan yang terjadi secara terus menerus dikhawatirkan bisa mengakibatkan gangguan kesehatan yang lebih serius. Oleh karena itu, segera lakukan penanganan dengan benar.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517