Pertolongan Pertama Untuk Mengatasi Diare Pada Anak

Diare merupakan salah satu gangguan kesehatan yang paling sering terjadi pada anak-anak. Gangguan pencernaan yang satu ini ditandai dengan intensitas buang air besar lebih dari 3 kali dalam sehari dengan tekstur feses lebih encer. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), diare merupakan penyebab nomor satu kematian anak balita di dunia. Sedangkan di Indonesia, diare menjadi pembunuh nomor dua pada balita setelah penyakit infeksi saluran pernapasan.

Gangguan pencernaan atau diare anak, akan berdampak negatif terhadap pertumbuhan dan perkembangannya. Hal ini karena proses penyerapan gizi dan nutrisi akan terhambat. Selain itu, diare sangat beresiko mengakibatkan kematian jika tidak segera ditangani dengan benar karena intensitas buang air besar (BAB) yang berlebihan rentan mengakibatkan si kecil kekurangan cairan atau dehidrasi.

Daire pada anak harus segera mendapatkan penanganan dengan cara yang tepat supaya tidak mengakibatkan dehidrasi berlebihan yang beresiko berakhir dengan kematian. Oleh karena itu, berikut ini penulis akan berbagi tips tentang cara memberikan pertolongan pertama untuk mengatasi diare pada anak.

  1. Tetap memberikan makan dan minum

Saat si kecil diare, Anda tidak perlu panik dan tetaplah untuk bersikap tenang sehingga bisa memberikan penangananan dengan benar. Salah satu cara yang harus Anda lakukan ketika si kecil terkena diare yaitu tetap memberikan makan dan minum. Hal ini sangat penting sekali mengingat ketika diare banyak cairan yang terbuang sehingga untuk mencegah dehidrasi, Anda harus berusaha untuk tetap memberikan makan dan minum untuk si kecil.

Apabila si kecil masih menyusu, maka jangan menghentikan pemberian ASI. Justru pemberian ASI sangat disarankan bagi balita yang menderita diare. Tujuannya yaitu untuk menjaga cairan tubuh si kecil sehingga terhindar dari bahaya dehidrasi. Meskipun mungkin si kecil tidak berselera untuk makan dan minum pada waktu sakit, namun Anda harus berusaha secara perlahan supaya si kecil mau makan.

  1. Air garam dan gula

Cara selanjutnya untuk memberikan pertolongan pertama pada anak yang terkena diare yaitu dengan membuat larutan garam dan gula. Hal ini bertujuan untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. Cara membuatnya yaitu dengan melarutkan 6 sdt gula dan ½ sdt garam ke dalam air, aduk sampai benar-benar larut kemudian berikan pada anak secara teratur. Selain itu, Anda juga bisa memberikan oralit untuk meredakan diare tersebut.

  1. Bawa ke dokter

Jika kondisi si kecil tak kunjung membaik dan semakin parah meskipun sudah dilakukan penanganan, maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan yaitu dengan membawanya ke dokter. Hal ini tentunya bertujuan untuk mencegah kemungkinan yang lebih buruk yang bisa berdampak negatif terhadap kesehatan dan tumbuh kembang si kecil.

Nah, demikian beberapa cara untuk memberikan pertolongan pertama pada anak saat diare. Perlu Anda ketahui bahwa pencernaan yang sehat sangat menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak. Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan anak, berikan asupan makanan dan bergizi dan mulailah untuk mengajarkan si kecil menerapkan gaya hidup bersih dan sehat.

Related Posts

Share This