Pertolongan Pertama dan Obat Gigitan Serangga

Gigitan serangga bisa menimbulkan rasa gatal dan bahkan terjadi pembengkakan. Terlebih lagi jika serangga tersebut dari jenis lebah yang memiliki racun. Biasanya racun tersebut akan memimbulkan rasa sakit dan gatal. Bahkan pada kasus lain, biasanya gigitan serangga menimbulkan reaksi alergi. Dalam hal ini diperlukan tindakan khusus dan obat gigitan serangga yang bisa mengatasi dan meredam rasa sakit tersebut.

Reaksi yang ditimbulkan oleh gigitan serangga memang sangat beragam seperti gatal, nyeri, pembengkakan dan meninggalkan bekas luka pada kulit. Gigitan serangga sebaiknya tidak disepelekan sebab racun serangga bisa saja menyebar ke seluruh tubuh dan beresiko membahayakan kesehatan tubuh.

Adapun reaksi yang ditimbulkan memang sangat beragam, baik itu secara langsung dan tidak langsung. Namun reaksi yang paling umum terjadi yaitu mual-mual, wajah bengkak, perut nyeri, sulit bernafas dan bahkan terjadi penurunan tekanan darah. Reaksi tersebut biasanya muncul akibat sengatan dari serangga jenis lebah, tawon dan semut api.

Adapun Cara Untuk Mengatasi Gigitan Serangga Yaitu Sebagai Berikut

Bagi Anda yang terkena sengatan lebah maka segera lakukan pertolongan pertama dengan melakukan beberapa tindakan berikut ini yaitu:

  • Jauhkan korban dari jangkauan serangga yang kemungkinan akan kembali menyerang. Lebih baik pindahkan ke tempat yang dirasa cukup aman.
  • Segera buang serangga yang menyengat jika masih menempel pada kulit untuk mencegah pelepasan racun yang semakinbanyak dan menyebar kle seluruh tubuh.
  • Kemudian segera bersihkan bagian yang tersengat lebah menggunakan air bersih dan sabun antiseptic.
  • Kompres area yang terkena sengatan lebah dengan menggunakan es batu. Hal ini untuk mencegah terjadinya pembengkakan dan peradangan.
  • Anda juga bisa menggunakan pasta gigi sebagai upaya untuk mencegah terjadinya pembengkakan. Oleskan pasta gigi minta pada bagian luka gigitan serangga sehingga mencegah resiko iritasi yang lebih parah.
  • Apabila bekas gigitan menimbulkan rasa sakit yang tak tertahankan maka sebaiknya segera ke dokter untuk mencegah reaksi yang lebih parah.

Nah, itulah pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan sebagi upaya mengatasi gigitan serangga. Dalam hal ini Anda dituntut supaya tidak panik sehingga bisa melakukan penanganan dengan sebaik mungkin guna mencegah terjadinya infeksi dan iritasi yang diakibatkan gigitan serangga tersebut.

Kondisi bekas gigitan yang parah sebaiknya Anda segera ke dokter untuk mencegah adanya infeksi. Luka gigitan serangga sebaiknya tidak dianggap sepele karena bisa menimbulkan gejala yang lebih serius. Sebisa mungkin hindari tempat yang rawan adanya serangga berbahaya seperti lebah dan tawon.

Pengetahuan tentang penanganan akibat gigitan serangga tentunya akan membuat Anda menjadi lebih tenang dan tidak panik ketika kemungkinan buruk tersebut menyerang Anda. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517