Persiapan Sebelum Memberikan Makanan Pendamping ASI

Tidak terasa kini usia si kecil sudah menginjak 6 bulan. Pergerakannya kini semakin aktif dan kemampuannya semakin meningkat. Pada tahapan ini si kecil sudah dianjurkan untuk mendapatkan makanan dengan tekstur yang lebih padat atau bisa disebut dengan makanan pendamping ASI.

Tujuan pemberian makanan pendamping ASI tidak lain dan tidak bukan adalah untuk melengkapi kebutuhan nutrisi seiring dengan bertambahnya usia si kecil. Memasuki usia 6 bulan, kebutuhan nutrisi untukĀ  pertumbuhannya tidak lagi bisa diperoleh dari ASI sehingga MPASI sangat dibutuhkan.

Pemberian makanan pendamping ASI pertama sangat menentukan tumbuh kembang si kecil. Dalam hal ini Anda dituntut untuk memilih jenis makanan dengan selektif sehingga mampu mencukupi semua kebutuhan nutrisi si kecil. Disamping itu, pada waktu pertama kali memperkenalkan MPASI sebaiknya Anda melakukan hal tersebut secara perlahan dan bertahap.

Makanan bayi sebagai pendamping ASI yang diperkenalkan untuk pertama kalinya sebaiknya memiliki tekstur encer. Contohnya yaitu bubur susu atau puree encer. Hal ini bertujuan untuk memudahkan si kecil dalam mencerna dan mengkonsumsi makanan tersebut.

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memperkenalkan makanan pendamping ASI pada bayi. Berikut ini penjelasannya!

  • Perkenalkan sayuran terlebih dahulu

Pada program MPASI sebaiknya Anda memperkenalkan sayuran terlebih dahulu dibandingkan dengan buah-buahan. Hal ini bertujuan supaya si kecil terbiasa dengan rasa tawar dari sayuran sehingga akan menjadi kebiasaan di masa mendatang untuk mengkonsumsi makanan sehat yang satu ini.

Disamping itu, sayuran merupakan salah satu sumber makanan sehat yang mengandung vitamin dan mineral penting. Jenis vitamin tersebut sangat dibutuhkan untuk proses tumbuh kembang bayi. Salah satu manfaatnya yaitu membantu meningkatkan sistem imun si kecil karena mengandung antioksidan.

  • Kenali porsi makan bayi

Penting sekali bagi Anda untuk mengenali porsi makan si kecil. Hal ini bertujuan supaya dalam menyajikan makanan tersebut tidak berlebihan. Karena pada beberapa kasus sering dijumpai kebiasaan orangtua yang membuat sajian makanan secara berlebihan sehingga pada akhirnya terbuang sia-sia.

  • Menjaga kendungan gizi

Dalam mengolah makanan sehat untuk bayi, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal yang berkaitan dengan gizi/vitamin dari makanan tersebut. Pengolahan terkadang menyebabkan kandungan vitamin dari suatu makanan menjadi rusak. Untuk buah-buahan, Anda bisa mengolahnya dengan cara membuat bubur buah atau jus buah. Dengan begitu kandungan vitamin dan nutrisi lainnya tidak akan mudah rusak.

  • Makanan yang lebih mudah dicerna

Dalam tahap awal memperkenalkan MPASI sebaiknya Anda memilih jenis makanan yang mudah untuk dicerna. Hal ini berkaitan dengan kemampuan sistem pencernaan si kecil yang belum memiliki kemampuan untuk mencerna makanan terlalu keras. Jenis makanan yang bisa Anda pilih yaitu seperti bubur susu, buah pisang ataupun buah alpukat.

  • Jadwal makan

Terapkan jadwal makan secara teratur. Hal ini supaya pola makan si kecil lebih baik sehingga kemampuan sistem pencernaan secara perlahan akan berkembang. Jadwal makan juga berguna untuk mengontrol kesehatan dan mencegah terjadinya obesitas. Disamping itu jadwal makan secara teratur bertujuan untuk proses adaptasi si kecil terhadap makanan baru.

Nah, demikian beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) untuk si kecil. Semoga artikel ini menjadi referensi dan sumber pengetahuan yang bermanfaat bagi Anda.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517