Persiapan Menjelang Persalinan Yang Harus Dilakukan Ibu Hamil

Usia kehamilan trimester ketiga merupakan saat yang paling membahagiakan sekaligus mendebarkan. Terlebih lagi bagi ibu hamil yang baru pertama kali menghadapi proses persalinan. Kecemasan menjelang persalinan biasanya dipicu oleh persiapan yang belum maksimal baik itu persiapan mental, fisik maupun finansial. Dalam hal ini diperlukan motivasi dari diri sendiri dan juga dari pihak keluarga.

Persalinan normal dan berjalan lancar tentunya menjadi dambaan setiap ibu hamil. Namun hal ini tidak serta merta bisa diperoleh dengan mudah. Rendahnya pengetahuan dan persiapan yang tidak optimal menjadi penyebab utama proses persalinan berjalan tidak normal. Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir, pada kesempatan ini penulis akan berbagi informasi mengenai  persiapan persalinan normal.

Berikut Beberapa Persiapan Yang Bisa Anda Lakukan Menjelang Persalinan

Persalinan akan berjalan lancar dan normal jika dipersiapkan dengan baik sejak jauh-jauh hari. Persiapan yang dimaksud di sini tidak hanya persiapan secara finansial saja, akan tetapi persiapan mental juga menjadi salah satu hal yang penting. Sebab jika Anda tegang dan penuh kecemasan maka hal tersebut akan menghambat proses persalinan. Berikut beberapa persiapan menjelang persalinan:

  1. Persiapan mental

Salah satu persiapan menjelang persalinan yang sangat penting yaitu persiapan mental. Anda dituntut untuk mengelola perasaan khawatir, cemas ataupun stres yang melanda. Tidak bisa dipungkiri bahwa kondisi kesiapan mental merupakan faktor yang sangat penting dalam menunjang persalinan normal. Dalam hal ini diperlukan dukungan dari orang-orang disekitar Anda.

  1. Tempat bersalin

Tempat bersalin sebaiknya dipersiapkan jauh-jauh hari sehingga ketika waktunya tiba, Anda dan keluarga tidak akan kebingungan. Tempat bersalin yang nyaman akan menunjang kelancaran dalam proses persalinan. Usahakan untuk memilih tempat bersalin yang tidak terlalu jauh dari rumah. Selain itu, pilihlah ruangan yang nyaman karena kenyamanan akan berdampak terhadap lancarnya proses persalinan.

  1. Perlengkapan ibu dan bayi

Ada hal yang dilakukan suami saat istri melahirkan yaitu persiapkan semua perlengkapan Anda dan bayi beberapa minggu menjelang persalinan. Persiapkan semua perlengkapan bayi yang meliputi popok, perlak, tempat tidur dan semua perlengkapan penting lainnya. Selain itu, persiapkan pula beberapa pakaian dan perlengkapan untuk Anda. Jika tidak dipersiapkan sebelumnya maka ketika waktu persalinan tiba, Anda akan kebingungan sehingga hal ini berdampak terhadap kondisi psikis.

  1. Pahami tanda menjelang persalinan

Pengetahuan tentang persalinan menjadi salah satu faktor penting yang menunjang kesiapan mental Anda. Perbanyak konsultasi dengan dokter atau orang yang sudah berpengalaman dalam proses persalianan. Selain itu, Anda juga disarankan untuk mengetahui tanda-tanda awal kehamilan seperti kontraksi. Sebab kebanyakan ibu hamil tidak memahami perbedaan antara kontraksi palsu dan kontraksi sesungguhnya.

Selain beberapa poin diatas, dukungan dari suami dan orang-orang terdekat Anda menjadi salah satu stimulus untuk menunjang proses persalinan yang normal dan lancar.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517