Persiapan Menjelang Kehamilan

Kehamilan merupakan suatu momen yang sangat dinantikan oleh pasangan suami isteri. Mempunyai anak setelah menikah akan menambah kebahagiaan dan keceriaan dalam sebuah rumah tangga. Supaya kehamilan berjalan lancar maka perlu persiapan yang benar-benar matang jauh-jauh hari sebelumnya. Salah satu yang perlu dipersiapkan sebelum menjalani kehamilan yaitu faktor kesehatan tubuh dan nutrisi. Persiapan nutrisi sangat penting dalam menunjang kesehatan ibu hamil dan menyiapkan rahim untuk mengandung janin.

Persiapan Menjelang Kehamilan

Beberapa Persiapan Nutrisi Sebelum Menjalani Kehamilan

Zat besi

Persiapan nutrisi untuk kehamilan yang pertama yaitu mencukupi asupan zat besi. Sumber makanan yang mengandung zat besi sangat diperlukan oleh ibu hamil untuk mencegah terjadinya penyakit anemia. Kekurangan zat besi ketika hamil akan menyebabkan kelelahan dan berakibat buruk pada kondisi kesehatan ibu hamil serta perkembnagn janin. Maka dari itu, bagi Anda yang sedang menantikan kehamilan sebaiknya menjaga asupan makanan yang mengandung zat besi.

Asam folat

Asam folat merupakan salah satu jenis nutrisi yang diperlukan dalam kehamilan. Asam folat sangat berguna untuk membantu perkembangan janin dan mencegah terjadinya cacat pada janin. Asam folat bisa diperoleh dari sumber makanan seperti kacang-kacangan, telur, sayuran hijau dan buah-buahan. Dalam mempersiapkan kehamilan diperlukan asupan asam folat sebesar 400 mikrogram untuk setiap harinya.  Selain untuk mencegah bayi terlahir cacat, asupan asam folat yang mencukupi sebelum hamil sangat berguna untuk membantu dalam metabolisme pada proses pembuahan.

Asupan makanan yang bergizi seimbang

Untuk mempersiapkan kehamilan maka perlu memperhatikan asupan makanan dan menjaga pola makan. Persiapan yang harus Anda lakukan yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang dengan kandungan vitamin, zat besi, kalsium, asam folat dan protein yang lengkap untuk kebutuhan tubuh ibu hamil. Biasakan untuk mengkonsumsi buah-buahan, sayuran, dan susu yang rendah lemak. Selain itu, Anda juga harus menjaga pola makan yang teratur supaya asupan nutrisi ke dalam tubuh akan tetap terjaga dan tubuh tidak kekurangan nutrisi. Kemudian hindari dan kurangi konsumsi makanan yang tidak mengandung gizi seperti cemilan keripik dan snack.

Menjaga berat badan

Berat badan yang ideal akan membuat Anda lebih siap untuk menjalani kehamilan. Memiliki berat badan yang ideal akan menjauhkan Anda dari penyakit selama kehamilan yang bisa membahayakan janin. untuk mendapatkan berat badan ideal dalam mempersiapkan kehamilan, Anda bisa mengkonsumsi makanan yang sehat dengan gizi yang seimbang dan rajin berolahraga.

Menjauhi gaya hidup yang tidak sehat

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan kehamilan yang diinginkan maka Anda perlu untuk menjauhi gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol dan mengandung kafein. Bagi Anda yang menantikan kehamilan sebaiknya menghentikan kebiasaan minum minuman beralkohol karena dapat mengganggu kesuburan dan akan berdampak buruk pada kesehatan ketika hamil. Selain itu, Anda haru menjauhi lingkungan perokok karena asap rokok yang Anda hirup bisa membahayakan kesehatan Anda menjelang kehamilan. Batasi juga konsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi karena bisa berdampak buruk pada kesehatan tubuh dan juga kesuburan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517