Permasalahan Umum Yang Sering Terjadi Ketika Menyusui

Menyusui merupakan salah satu cara untuk memberikan asupan makanan atau nutrisi untuk bayi. Pada masa pertumbuhannya bayi membutuhkan banyak asupan nutrisi dan semua itu di dapatkan bayi dari air susu ibu. Supaya semua nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi terpenuhi maka asupan makanan untuk ibu harus mengandung gizi yang seimbang. Pemberian ASI harus dilakukan secara ekslusif selama enam bulan supaya pertumbuhan dan perkembangan bayi akan berjalan lancar dan tidak mengalami hambatan. Menyusui bayi ternyata tidak terlepas dari masalah yang bisa terjadi pada seorang ibu.

Permasalahan seputar menyusui

Beberapa Masalah Yang Biasa Dialami Ketika Menyusui

  • Bagian puting susu terluka

Kejadian puting terluka atau pecah sering dialami oleh seorang ibu pada waktu menyusui. Hal ini terjadi akibat dari posisi pada waktu menyusui yang salah serta posisi dan cara bayi ketika menghisap puting tidak sesuai. Untuk mencegah hal tersebut sebelum menyusui bayi maka Anda bisa mengolesi puting dengan air susu. Ketika menyusui posisikan bayi dan gunakan posisi  yang benar.  Selain itu jangan pernah membersihkan bagian puting susu dengan menggunakan alkohol karena itu kan memicu terjadinya iritasi. Apabila rasa nyeri semakin parah dan Anda merasa tersiksa maka hentikanlah proses penyusuan dan berikan ASI dengan cara memompanya menggunakan alat khusus.

  • Payudara membengkak

Pembengkakan pada payudara bisa terjadi akibat adanya penyumbatan pada saluran air susu. selain itu, pembengkakan pada payudara terjadi akibat produksi air susu yang banyak dan sedikit yang dikeluarkan. Payudara yang membengkak akan menyebabkan ibu merasa nyeri dan bayi kesulitan untuk menyusu. Untuk menangani hal ini maka Anda bisa meredakan rasa nyeri dengan cara mengompres payudara dengan menggunakan air hangat dan lakukan pemompaan untuk mengeluarkan air susu.

  • Aliran ASI dan kelenjar payudara tersumbat

Aliran air susu yang tersumbat akan menyebabkan pembengkakan. Hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyusui bayi supaya payudara kosong. Apabila hal itu sudah terjadi maka anda bisa melakukan pengompresan dengan menggunakan air hangat supaya tidak terasa nyeri dan aliran ASI kembali lancar.

  • Terjadinya peradangan (mastitis)

Mastitis terjadi akibat pembengkakan dan tersumbatnya aliran ASI. Hal ini terjadi karena air susu yang menumpuk sehingga menyebabkan infeksi. Seorang ibu yang mengalami masalah ini akan merasakan sakit dan panas payudaranya serta terjadi pembengkakan pada payudara. Selain itu, gejala ini ditandai dengan demam. Untuk menangani hal ini maka sebaiknya segera memeriksakannya ke dokter.

  • Produksi ASI yang sedikit

Masalah selanjutnya yang biasa terjadi pada seorang ibu yang sedang menyusui adalah produksi ASI yang kurang atau sedikit. Produksi ASI yang sedikit bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti ibu yang stres, gaya hidup yang tidak sehat, melakukan KB yang tidak tepat dan melakukan diet yang tidak sesuai anjuran untuk ibu menyusui. Selain itu, produksi ASI yang sedikit bisa dipengaruhi oleh sedikitnya asupan makanan yang mengandung gizi seimbang.

Tips Dalam Mengatasi Permasalahan Ketika Menyusui
  • Pada waktu menyusui perhatikan posisi menyusui Anda. Posisi bayi pada waktu menyusu harus benar yaitu tidak hanya bagian puting saja yang masuk ke dalam mulut bayi, akan tetapi bagian areola juga masuk kedalam mulut bayi.
  • Ketika selesai menyusui puting susu harus kering sebelum di tutup kembali dengan bra.
  • Rutin menyusui bayi supaya tidak terjadi penyumbatan dan penumpukan air susu.
  • Ketika payudara Anda lecet dan terluka maka hentikan sementara penyusuan sampai benar-benar sembuh dan susui bayi dengan payudara yang tidak lecet kemudian pompa air susu pada payudar yang lecet supaya tidak terjadi penumpukan.
  • Perhatikan asupan makanan Anda selama menyusui. Kandungan gizi dan nutrisi harus seimbang supaya produksi ASI lancar dan melimpah.

Related Posts

Share This