Permasalahan Kesehatan Yang Diakibatkan Oleh Keputihan

Keputihan merupakan hal yang sudah biasa terjadi pada wanita. Keputihan di kelompokan ke dalam dua kategori yaitu kaeputihan yang bersifat normal (fisiologis) dan keputihan yang abnormal (patologis). Keputihan yang bersifat patologis merupakan salah satu tanda awal adanya kelainan pada organ intim wanita. Keputihan tidak dikatakan sebagai penyakit, akan tetapi keputihan merupakan salah satu pertanda adanya kelainan dan permasalahan pada organ intim wanita.

Keputihan memang bukan penyakit berbahaya yang mematikan. Akan tetapi apabila keputihan yang bersifat abnormal dibiarkan dan tidak segera ditangani maka akan menimbulkan berbagai macam penyakit yang sangat berbahaya.

Permasalahan Yang Diakibatkan Oleh Keputihan

Beberapa Permasalahan Yang Diakibatkan Oleh Keputihan

  • Kanker mulut rahim. Keputihan yang bersifat abnormal merupakan salah satu pertanda adanya penyakit pada organ intim wanita, salah satunya yaitu kanker mulut rahim. penderita keputihan ini akan merasakan sakit ketika berhubungan intim. Selain itu, adanya cairan yang keluar dari dalam vagina berwarna putih susu atau berwarna coklat yang disertai dengan bau amis. Penyebab dari keputihan ini adalah jamur candida albicans.
  • Kehamilan prematur. Kondisi keputihan yang abnormal sangat beresiko menyebabkan masalah kesehatan seperti radang panggul dan kehamilan di luar rahim. Selain itu, keputihan yang abnormal pada wanita hamil beresiko mengakibatkan kehamilan prematur. Keputihan yang abnormal ditandai dengan adanya cairan yang keluar dari dalam vagina berwarna putih keabu-abuan dan berbau
  • Penyakit radang panggul (pelvis inflammatory). Keputihan yang berwarna coklat disertai dengan demam dan terasa sakit bahkan sampai berdarah ketika berhubungan intim merupakan gejala adanya peradangan pada panggul.
  • Menyebabkan infertilitas (kemandulan). Keputihan yang bersifat patologis sangat beresiko menyebabkan gangguan dalam sistem reproduksi. Wanita yang mengalami keputihan abnormal cenderung akan mengalami kemandulan (infertilitas). Penderita biasanya akan merasakan sakit ketika berhubungan intim dan merasakan sakit pada bagian pulva vagina. Apabila tidak segera ditangani maka bisa menyebabkan kemandulan.
  • Penyakit kelamin bisa diakibatkan oleh bakteri yang menyebabkan keputihan seperti bakteri gonococcus dan neisseria gonorrhoaea. Jenis bakteri tersebut biasanya mengakibatkan keputihan abnormal yang ditandai dengan cairan berwarna keabu-abuan sehingga beresiko menyebabkan penyakit sifilis. Selain itu, bakteri yang menginfeksi selapu panggul akan menyebabkan gangguan reproduksi dan nyeri panggul.

Bagi Anda yang mengalami gejala keputihan yang bersifat abnormal sebaiknya segera melakukan pemeriksaan dan berkonsultasi dengan dokter. Keputihan yang bersifat abnormal memerlukan perawatan dan penanganan yang cukup serius untuk mencegah berbagai penyakit pada sistem reproduksi.

Keputihan yang bersifat patologis bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat dengan cara mengkonsumsi makanan bergizi, rajin berolahraga. Selain itu Anda juga harus menghindari kebiasaan buruk yang bisa memicu keputihan seperti kebiasaan mengkonsumsi alkohol, merokok dan mengkonsumsi makanan olahan yang mengandung lemak berbahaya seperti junkfood.

Related Posts

Share This