Permainan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Pada Bayi

Mungkin Anda berpikir sudah berhasil menyampaikan maksud Anda ketika bayi sudah memiliki kemampuan untuk menguasai kata-kata. Hal tersebut memang benar meskipun bayi belum sepenuhnya mengikuti semua hal yang Anda maksud. Ketika berusia di bawah satu tahun bayi belum menguasai banyak kata, akan tetapi memiliki bahasa tubuh yang kuat. Seiring dengan perkembangannya, bayi memiliki kemampuan dalam meningkatkan bahasanya.

Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Pada Bayi

Pada tahapan ini bayi memiliki kemampuan dalam melakukan gerakan yang berarti bahasa tubuh  untuk menyampaikan maksudnya. Bayi seakan-akan mengisayaratkan pada orangtuanya untuk membaca bahasa tubuh jika kesulitan memahami apa yang dikatakan. Sambil memahami bahasa tubuh bayi, secara perlahan Anda bisa meningkatkan kemampuan berbahasa pada bayi dengan melakukan beberapa permainan edukatif seperti dibawah ini!

Permainan melambaikan tangan

Untuk merangsang kemampuan bayi dalam berbahasa, Anda bisa mengajak bayi melakukan permainan kata dan mengasosiasikan isyarat dengan hal yang nyata. Salah satunya yaitu permainan melambaikan tangan yang berarti “dadah”. Pada dasarnya bayi memiliki kemampuan untuk meniru gerakan Anda sehingga hal ini bisa Anda gunakan untuk menstimulus bayi meningkatkan kemampuan berbahasanya.

Anda bisa memulainya dengan mengucapkan kata “dadah” tanpa melakukan gerakan tangan. Nah, selanjutnya coba lakukan gerakan tangan untuk melambai tanpa mengeluarkan kata-kata. Lakukan permainan ini lebih sering sehingga bayi akan mulai terbiasa dan mulai mengasosiasikan isyarat yang Anda berikan. Perlu Anda ketahui bahwa suara dan gerak isyarat akan menstimulus asosiasi mental sehingga membantu bayi dalam mengkombinasikan keduanya.

Gerakan isyarat

Bayi memiliki kemampuan untuk meniru setiap gerakan yang dilihatnya. Untuk meningkatkan kemampuan berbahasa pada bayi, Anda bisa melakukan permainan gerak isyarat menggunakan tangan ataupun ekspresi wajah.  Permainan gerak isyarat cenderung lebih mudah untuk dipahami oleh bayi dan permainan ini sangat disenangi oleh bayi.

Baca juga : Meningkatkan Perkembangan Bahasa Bayi Usia 6 Bulan

Bermain bola

Bayi menyukai permainan yang satu ini. Cobalah untuk melemparkan bola ke hadapan bayi kemudian perintahkan bayi untuk mengambil dan melemparkan bola tersebut. Ketika dilakukan lebih sering maka bayi akan mengerti dengan maksud Anda sehingga hal ini berguna untuk meningkatkan kemampuan berbahasa pada bayi.

Permainan cilukba

Pada tahap ini atau pada usia sekitar satu tahun, bayi menyhukai permainan ini. Permainan cilikba bermanfaat untuk merangsang memori bayi yang sedang dalam tahap perkembangan. Lakukan permainan ini dengan cara menutup wajah Anda menggunakan kain atau tangan kemudian berikan kontak suara pada bayi dengan mengucapkan “mama di mana ayo?” kemudian Anda muncul dan ucapkan kata-kata seperti “mama di sini.” Perhatikan bagaimana ekspresi bayi yang merasa senang dan tertawa dengan permainan yang Anda lakukan. Permainan ini akan merangsang daya ingat bayi dan menambah wawasan kosa kata.

Secara tidak langsung beberapa permainan diatas memberikan stimulus pada otak dalam meningkatkan kemampuan berbahasa pada bayi. Beberapa permainan  tersebut hanya sebagian kecil dari jenis permainan yang bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan bayi dalam berbahasa. Untuk mendapatkan hasil yang optimal sebaiknya dilakukan secara rutin dan bertahap sehingga bayi Anda akan tumbuh lebih cerdas.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517