Permainan Sederhana dan Menyenangkan Yang Bisa Dilakukan Bersama Balita

Pada usia balita pergerakan anak sudah semakin aktif dan rasa ingin tahunya sudah semakin tinggi. Ciri sederhana yang bisa Anda lihat yaitu si kecil sudah mulai pandai untuk berbahasa dan bergerak kesana kemari. Si kecil sudah mulai belajar untuk mengeksplor dan mengenali lingkungannya. Nah, untuk meningkatkan dan menunjang kemampuan si kecil pada usia balita sebaiknya Anda mulai mengajarkan berbagai hal pada si kecil. Salah satunya melalui berbagai macam permainan yang bersifat edukatif.

Banyak jenis permainan yang bisa Anda berikan pada anak usia balita. Namun jenis permainan yang Anda berikan sebaiknya tidak hanya menghibur anak. Akan tetapi permainan tersebut harus bersifat edukatif sehingga membantu menstimulasi perkembangan anak. Banyak jenis permainan edukatif dan kreatif yang bisa Anda berikan pada si kecil, baik itu di rumah ataupun di luar rumah.

Permainan yang Anda berikan untuk anak harus sesuai dengan tahapan usianya. Hal ini supaya memberikan dampak positif bagi perkembangan psikologis atau mental anak. Selain itu, permainan yang tepat akan meningkatkan perkembangan dan kecerdasan otak anak. Aspek lain yang harus Anda perhatikan dalam memberikan permainan untuk anak yaitu harus memperhatikan faktor keamanan dari mainan tersebut.

Jenis Permainan Sederhana Yang Bisa Anda Lakukan Bersama Si Kecil

  • Permainan puzzle

Salah satu permainan sederhana yang bisa Anda berikan pada anak yaitu puzzle. Jenis permainan sederhana ini banyak dijual di toko mainan sehingga sangat mudah untuk di dapatkan. Puzzle merupakan salah satu permainan yang berguna untuk meningkatkan perkembangan kecerdasan otak anak.  Permainan ini akan melatih kesabaran dan ketekunan anak sehingga akan terbentuk mental anak yang tenang dalam menghadapi permasalahan di kemudian hari ketika sudah tumbuh dewasa.

Baca Juga:  Cara Ampuh Mendidik Anak Hiperaktif

Permainan ini merupakan salah satu permainan menyenangkan yang bisa Anda lakukan bersama si kecil. Untuk mengatasi kebosanan pada si kecil sebaiknya Anda memberikan puzzle dengan berbagai macam bentuk dan aneka warna. Selain membeli puzzle dari toko mainan, Anda juga bisa membuat puzzle sederhana di rumah dengan menggunakan potongan kertas.

  • Mewarnai dan menggambar

Nah, biasanya permainan menggambar dan mewarnai paling disukai oleh si kecil. Anda bisa menyediakan berbagai macam peralatan menggambar untuk anak. Biarkan anak bereksplorasi untuk menggambar dan mewarnai sebuah objek. Supaya anak merasa senang dan semakin termotivasi, berikanlah pujian dan penghargaan atas apa yang telah dilakukan.

  • Permainan sambung kata

Permainan selanjutnya yang bisa Anda lakukan bersama sei kecil yaitu permainan sambung kata. Permainan yang satu ini sangat mudah untuk dilakukan dan tidak membutuhkan berbagai macam peralatan. Salah satu contohnya Anda bisa memulai percakapan dengan kata-kata seperti “saya” kemudian biarkan anak meneruskan dengan kata “saya cantik” dan begitu selanjutnya. Permainan ini akan berdampak positif bagi perkembangan otak anak karena memberikan stimulus pada anak untuk berpikir. Selain itu, permainan sambung kata akan meningkatkan kemampuan anak dalam berpikir.

  • Permainan tebak menebak

Permainan ini bisa Anda lakukan dengan menggunakan kantong dan beberapa mainan anak. Pertama-tama masukan mainan tersebut ke dalam beberapa kantong kemudian tempatkan kantong tersebut secara acak. Langkah selanjutnya perintahkan anak untuk menutup mata dan mulai menebak jenis mainan yang ada didalam kantong tersebut dengan cara meraba. Permainan ini berguna untuk menstimulus motorik halus pada anak.

Itulah beberapa jenis permainan menyenangkan yang bisa Anda lakukan bersama si kecil di rumah. Permainan yang bersifat edukatif akan berdampak positif bagi perkembangan kecerdasan otak dan mental anak.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517