Permainan Menyenangkan Bagi Bayi Pada Usia 4 Bulan

Bermain dengan bayi pada usia ini merupakan saat-saat yang menyenangkan bagi Anda. Mengajak bayi bermain akan menambah keakraban dan ikatan batin Anda. Selain itu, dengan mengajak bayi bermain akan bermanfaat untuk mengoptimalkan perkembangannya.  Lewat permainan yang tepat bayi akan memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik.

Permainan Bayi Usia 4 Bulan

Bayi usia 4 bulan sudah mempunyai kemampuan untuk menggerakan jari, kaki dan lengannya.  Hal ini terlihat ketika Anda memberikan mainan dengan warna mencolok maka bayi akan berusaha untuk meraihnya. Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan ketika memberikan mainan untuk bayi kyaitu harus memperhatikan tingkat keamanan dari mainan tersebut. Hindari mainan yang mengandung bahan kimia karena bisa menyebabkan bayi keracunan.

Beberapa Permainan Menyenangkan Bagi Bayi Usia 4 Bulan

  • Permainan meraih

Jenis permainan ini bisa Anda lakukan dengan cara menggantungkan salah satu benda seperti boneka kecil atau mainan yang mengeluarkan bunyi. Bayi akan berusaha untuk meraih benda tersebut sehingga hal ini bermanfaat untuk merangsang kemampuan bayi dalam merangkak dan berusaha untuk berdiri. Hal yang perlu Anda perhatikan yaitu mainan yang digantungkan sebaiknya yang berbahan plastic atau bahan lain yang ringan dan ikat dengan kuat untuk mencegah benda tersebut jatuh.

  • Permainan menendang

Untuk meningkatkan kemampuan menendangnya, Anda bisa memberikan permainan menendang. Berikan balon ataupun bola kecil bagi bayi. Selain itu, Anda juga bisa menaruh mainan yang mengeluarkan bunyi pada kaki bayi. Permainan ini tentunya harus dalam pengawasan Anda untuk menghindari bayi terjatuh.

  • Permainan menggulingkan suatu benda

Anda bisa memberikan bola yang berukuran besar pada bayi sehingga bisa digelindingkan. Permainan ini berguna untuk bayi dalam melatih keseimbangan tubuhnya. Bayi akan senatiasa untuk belajar menyeimbangkan tubuhnya. Permainan ini juga harus sepenuhnya dalam pengawasan Anda sebagai orangtua.

  • Permainan “cilukba”

Semua orang pastinya mengenali permainan sederhana yang satu ini. Permainan ini sudah ada sejak lama dan entah siapa yang muali memperkenalkan mainan ini. Untuk memainkan permainan ini biasanya sang ibu akan menutup wajahnya dengan kedua telapak tangan sambil berkata “ciluk” kemudian muncul secara tiba-tiba sambil berkata “baa”. Permainan ini akan membuat bayi terlihat lebih senang sehingga tak jarang dia tertawa.

  • Permainan cermin

Bayi biasanya merasa senang ketika duduk depan cermin dan melihat gerakan tubuhnya sendiri. Nah, maka dari itu permainan ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk bayi. Anda bisa menggunakan cermin besar ataupun kecil yang di taruh di depan si kecil. Bayi akan menikmati setiap gerakannya sambil sesekali tertawa.

  • Permainan menepuk

Untuk melakukan permainan ini, Anda bisa menggantungkan sebuah boneka kecil atau mainan lain yang ringan. Bayi akan bereaksi ketika melihat mainan tersebut tergantung. Hal yang akan dilakukan bayi yaitu menepuk ataupun meninju mainan tersebut. Permainan seperti ini akan menyenangkan bagi bayi sehingga menstimulus perkembangan otaknya.

  • Permainan alat musik

Anda juga bisa memperkenalkan alat musik mainan pada bayi seperti drum kecil. Permainan ini bermanfaat untuk merangsang gerakan tangan bayi. Bunyi dari drum akan membuat bayi lebih tertarik untuk memukulnya.

Nah, itulah permainan menyenangkan yang bisa Anda perkenalkan pada bayi usia 4 bulan untuk menstimulasi perkembangannya. Anda harus selalu memperhatikan aspek keamanan dan keselamatan bayi dalam memberikan berbagai macam mainan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517