Permainan Edukatif Untuk Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak

Usia dibawah lima tahun adalah periode emas dalam tahap perkembangan seorang anak. Perlu Anda ketahui bahwa dalam tahapan tersebut terjadi perkembangan otak sangat pesat mencapai 80% serta kondisi tersebut hanya terjadi satu kali seumur hidup dan tidak berulang. Maka dari itu dalam periode emas perkembangan anak, Anda harus memberikan dan membekali anak dengan pendidikan intelektual, mental dan sosial. Hal ini untuk membentuk kepribadian seorang anak di kemudian hari setelah tumbuh dewasa dan mengoptimalkan kecerdasannya.

Salah satu cara untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak yaitu dengan memberikan mainan. Dalam hal ini mainan berguna untuk merangsang perkembangan fisik dan mentalnya. Permainan akan membantu mengoptimalkan perkembangan kognitif anak. Namun Anda harus menyesuaikan dan memilih mainan sesuai dengan usia anak dan berikan mainan secara bertahap.

Mainan yang Anda berikan untuk anak tidak hanya di khususkan sebagai hiburan saja, akan tetapi harus bersifat mendidik. Mainan edukatif sangat berguna dalam menunjang koneksi antar syaraf sehingga menstimulus wawasan dan pengetahuan anak. Mainan edukatif akan menstimulus kemampuan berpikir anak sejak dini. Mainan edukatif sangat dianjurkan untuk anak usia balita dalam merangsang kemampuan motoriknya sehingga mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

Efek Positif Permainan Untuk Anak

Mainan yang bersifat edukatif dapat menstimulasi kreativitas anak sehingga mengoptimalkan perkembangan kognitif dan intelegen anak. Berikut efek positif permainan untuk mengoptimalkan perkembangan anak.

  • Permainan yang tepat dan sesuai dengan usia anak bermanfaat untuk melatih gerakan fisik dan memperkuat otot-ototnya.
  • Memberikan dampak positif untuk menunjang perkembangan motorik halus dan motorik kasar anak. Salah satunya untuk menunjang koordinasi gerakan mata, kaki ataupun tangan dengan lebih baik. Selain itu, mainan berguna untuk membantu anak dalam mengatasi ketegangan dan membuat perasaannya menjadi tenang.
  • Mainan edukatif juga berguna untuk menumbuhkan rasa percaya diri seorang anak untuk menunjang keterampilan intelektual, sosial dan fisiknya. Permainan yang mendidik akan menumbuhkan kemampuan anak dalam bersosialisasi.
  • Dengan bermain maka akan menunjang perkembangan mental anak. Daya imajinasi anak ketika bermain akan membuatnya terstimulus untuk berekspresi dan mendapatkan pengetahuan baru yang bermanfaat.
  • Mainan bisa membantu anak untuk mengembangkan kreativitasnya dan mencegah stress. Dengan bermain maka akan membantu anak untuk lebih tenang dan terhindar dari tekanan yang bisa membuatnya stress. Mainan yang mendidik juga bisa mendorong kemampuan anak untuk berkreasi dengan hal baru yang l;ebih bermanfaat.
  • Ketika Anda memberikan permainan yang bersifat berkelompok untuk anak maka hal ini sangat bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan sosial anak.
  • Manfaat permainan yang selanjutnya yaitu mengoptimalkan perkembangan otak kanan anak. Permainan edukatif akan mengasah kemampuan otak kanan pada anak. Dengan demikian anak akan mempunyai kemampuan untuk mengatasi permasalahan dan situasi sosial yang terjadi di sekitarnya.
  • Permainan membantu anak dalam belajar menganalisa suatu permasalahan. Mainan edukatif seperti puzzle akan menstimulus kemampuana anak dalam memecahkan suatu permasalahan. Dengan begitu anak akan terlatih untuk menghadapi suatu kondisi dalam kehidupannya.

Demikian beberapa manfaat dari mainan yang bersifat edukatif untuk megoptimalkan tumbuh kembang anak. Peran Anda sebagai orangtua menjadi poin penting untuk membentuk kepribadian anak di masa mendatang setelah tumbuh dewasa. Pendidikan dan pola pengasuhan yang diterapkan sejak kecil akan berdampak terhadap perkembangan fisik dan mental anak.

Related Posts

Share This