Perlengkapan Yang Harus Dipersiapkan Bagi Bayi Yang Baru Lahir

Menjelang proses persalinan ada beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh ibu hamil, baik itu persiapan fisik, mental dan finansial. Disamping itu ibu hamil juga harus mempersiapkan berbagai macam perlengkapan untuk kebutuhan bayi yang baru lahir. Beberapa perlengkapan untuk bayi yang baru lahir harus disiapkan jauh-jauh hari supaya pada waktu persalinan tidak akan keteteran. Pasangan yang baru pertama kali memiliki anak harus memperbanyak informasi dan pengetahuan mengenai berbagai macam perlengkapan yang harus dipersiapkan dalam menyambut kelahiran bayi. Selain itu, dalam membeli perlengkapan bayi, Anda harus cerdas memilih apa saja yang paling dibutuhkan sehingga tidak akan sia-sia.

Perlengkapan Yang Harus Dipersiapkan Bagi Bayi Yang Baru Lahir

Jenis Perlengkapan Bayi Yang Harus Dipersiapkan Menjelang Proses Persalinan

1. Menyiapkan popok

Bayi yang baru lahir biasanya memiliki intensitas buang air yang lebih sering. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi para orangtua untuk mempersiapkan perlengkapan seperti popok menjelang proses persalinan. Bagi bayi yang baru lahir sebaiknya Anda menggunakan popok kain bukan popok sekali pakai. Selain itu, untuk kenyamanan bayi alangkah lebih baiknya menggunakan popok kain dengan bahan katun. Mengantisipasi kekurangan popok akibat tidak kering sekali cuci, Anda bisa menyiapkan perlengkapan tersebut secara maksimal.

2. Menyiapkan pakaian untuk bayi

Perlengkapan selanjutnya yang harus Anda persiapkan untuk bayi adalah baju. Dalam membeli perlengkapan baju untuk bayi sebaiknya memilih jenis baju dengan bahan katun. Hal ini bertujuan agar bayi tidak mudah berkeringat akibat kepanasan. Keringat bisa menyebabkan iritasi yang bisa membahayakan kesehatan kulit bayi. Untuk mengantisipasi pertumbuhan bayi yang pesat, sebaiknya membeli baju untuk bayi dengan ukuran yang berbeda dan jumlahnya jangan terlalu banyak.

3. Kain bedong

Untuk menjaga suhu tubuh bayi yang baru lahir sebaiknya menggunakan kain bedong. Kain ini akan memberikan rasa hangat bagi bayi. Anda bisa mempersiapkan beberapa helai kain bedong supaya pada waktu bayi lahir, anda tidak keteteran.

4. Perlengkapan mandi untuk bayi

Dalam menyambut kelahiran bayi, ada perlengkapan bayi yang harus Anda persiapkan yaitu perlengkapan mandi. Perlengkapan standar yang harus dipersiapkan yaitu bak mandi, shampoo khusus bayi dan sabun. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan handuk khusus bayi dengan kain yang halus dan mempunyai daya serap air yang bagus. Dalam memilih sabun dan shampo sebaiknya lebih teliti dan hindari produk yang mengandung bahan kimia yang bisa membahayakan kesehatan kulit bayi.

5. Kain perlak dan gendongan bayi

Kain perlak dibutuhkan sebagai alas tidur untuk bayi. Selain itu, penggunaan kain perlak akan memudahkan Anda dalam menjaga kebersihan tempat tidur bayi, terlebih bayi yang baru lahir memiliki intensitas buang air yang sangat sering.

Selain kain perlak, perlengkapan yang harus dipersiapkan yaitu gendongan untuk bayi. Gendongan mungkin tidak akan langsung dipakai ketika bayi baru lahir, akan tetapi jenis perlengkapan ini harus dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum bayi lahir. Hal ini bertujuan supaya ketika barang tersebut dibutuhkan, Anda tidak akan kerepotan mencarinya.

Itulah beberapa perlengkapan untuk bayi baru lahir yang harus Anda persiapkan sebelum proses persalinan. Persiapan yang matang akan membuat proses persalinan lancar dan semua kebutuhan bayi akan tercukupi. Untuk itu Anda beserta keluarga harus merencanakan dan menyiapkan semua kebutuhan menjelang proses persalinan dan pasca persalinan.

Related Posts

Share This