Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Bunda Siapkan

Perlengkapan bayi baru lahir merupakan salah satu dari sekian banyak hal yang harus bunda persiapkan, terutama menjelang kelahiran si kecil. Memiliki seoarng bayi memang merupakan stu hal yang paling di tunggu-tunggu, apalagi oleh pasangan suami istri yang baru menikah. Mungkin banyak diantaranya yang belum bunda ketahui mengenai apa saja perlengkapan bayi baru lahir yang harus di siapkan, terutama bagi ibu baru seperti bunda. Agar bunda menjadi lebih siap dalam menyambut si kecil, maka ada beberapa hal yang harus dan penting untuk bunda persiapkan untuk menyambut kehadiran si kecil, dan salah satunya yaitu menyiapkan baju bayi baru lahir.

perlengkapan bayi baru lahir

Dan berikut ini ada beberapa hal yang harus bunda persiapkan untuk kebutuhan bayi baru lahir, yaitu sebagai berikut:

  1. Persiapan sejak masa-masa akhir kehamilan

Dikarenakan si kecil merupakan anggota baru di keluarga bunda, maka persiapan yang harus bunda lakukan untuk menyambut kehadirannya harus di lakukan sejak awal. Seperti nama, kamar, perlengkapan bayi baru lahir, dan beberapa hal lainnya yang penting untuk bunda persiapkan. Biasanya, proses persiapan ini akan di lakukan ketika usia kandungan ibu menginjak trimester terakhir dari sebuah kehamilan. Mengapa? Karena pada saat-saat itu jenis kelamin bayi sudah bisa ditentukan, sehingga perlengkapan bayi yang akan di beli oleh bunda bisa bunda sesuaikan dengan jenis kelamin si kecil. Dan untuk perlengkapan yang di butuhkan nantinya, bunda juga harus mengetahui apa saja yang di butuhkannya.

  1. Sesuaikan dengan kebutuhan

Hal utama yang akan di butuhkan oleh si kecil ketika ia baru lahir yaitu baju bayi baru lahir. Dan di awal kelahirannya bayi hanya akan menggunakan popok, hal ini dikarenakan intensitas buang air kecil serta buang air besar bayi masih terbiolang sering. Maka bunda juga di sarankan untuk membeli popok dalam jumlah yang cukup banyak, setidaknya bunda bisa membeli dua lusin, hal ini bunda lakukan guna mengantisipasi resiko kehabisan popok terutama di musim penghujan. Selain itu, bunda juga perlu untuk membeli baju bayi baru lahir baik itu lengan panjang ataupun lengan pendek atau bahkan tanpa lengan . Dan untuk baju bayi baru lahir, sebaiknya bunda membelinya dalam jumlah yang tidak cukup banyak, karena bayi memiliki masa pertumbuhan yang cepat, dan baju-baju yang bunda beli untuk bayi baru lahir kemungkinan besar tidak akan terpakai lama.

Perlengkapan bayi baru lahir yang penting untuk bunda siapkan selanjutnya yaitu bedong flannel, karena fungsi dari bedong flannel ini sangat berguna untuk menghangatkantubuh si kecil. Setelah itu, kaos kaki dan kaos tangan untuk mengantisipasi kuku si kecil yang belum di potong menggores bagian mukanya dan perlengkapan lainnya yang di rasa penting untuk bunda beli. Yang tidak kalah penting lagi yaitu perlengkapan mandi si bayi, seperti handuk, waslap, ember, sabun, dan shampoo.

Yang tidak perlu disiapkan

Nah, perlu bunda ketahui, bahwa ada beberapa hal yang biasanya di siapkan oleh ibu hamil untuk menyambut kehadiran si kecil, namun perlengkapan tersebut tidaklah begitu penting, diantaranya yaitu bedak, dot, gurita, dan sit baby walker. Jika mengingat begitu banyak perlengkapan bayi yang harus bunda persiapkan, maka bunda tidak perlu untuk membeli beberapa barang tersebut. Dan jika ingin, bunda bisa membelinya secara bertahap, sehingga bunda tidak merasa kaget dengan budget yang nantinya akan bunda keluarkan untuk membeli seluruh perlengkapan bayi tersebut.

Related Posts

Share This