Perkembangan Kehamilan 33 minggu

Kehamilan 33 minggu menandakan bahwa Anda hampir mendekati fase persalinan dan perkembangan janin didalam kandungan sudah mencapai tahapan sempurna. Kini Anda tinggal menunggu beberapa saat lagi untuk kelahiran si kecil.

Bentuk tubuh janin pada usia kehamilan 33 minggu memang terbilang sempurna. Kini ukuran bagian-bagian tubuhnya sudah bisa dikatakan proporsional. Yang perlu Anda lakukan dalam hal ini yaitu memberikan asupan makanan bergizi untuk menjaganya hingga waktu persalinan tiba.

Berat janin di 33 minggu kehamilan yaitu sekitar 2 kg dengan panjang 44 cm. Ukuran ini tentunya cukup besar sehingga kemungkinan selamat diluar rahim sangat memungkinkan. Ukuran kepala janin kini berdiameter 8,5 cm sehingga memiliki perbandingan yang sesuai dengan panjang tubuhnya.

Pertumbuhan jaringan tulang membuat kuku janin tumbuh dengan sangat baik dan sempurna. Karena kukunya yang tumbuh maka sesekali waktu kemungkinan janin menggores kulitnya. Kandungan usia 33 minggu memang mengalami perkembangan yang hampir sepenuhnya sempurna.

Selain menilik perkembangan janin, pada kehamilan 33 minggu juga Anda harus mengetahui perkembangan air ketuban. Jumlah air ketuban pada minggu ke-33 kehamilan mencapai jumlah yang maksimal. Plasenta juga tumbuh sudah hampir sempurna.

Air ketuban yang sudah mencapai maksimal ini akan memungkinkan si kecil untuk bisa bergerak dengan sangat leluasa. Karena melayang pada air ketuban maka ketika didalam rahim si kecil seolah-olah tidak memiliki berat.

Pada minggu ke-33 ini air ketuban berfungsi untuk melindungi si kecil. Jumlahnya mencapai 800 ml. Walaupun sebenarnya jumlah normal air ketuban yaitu sekitar 300 ml hingga 2 liter. Akan tetapi terkadang jumlahnya bisa berkurang atau bertambah akibat hal tertentu.

Seiring dengan perkembangan janin yang semakin membesar maka air ketuban kadang menjadi berkurang sehingga Anda bisa merasakan tendangan-tendangan si kecil dari dalam rahim. Masa ini akan menjadi moment yang menyenangkan bagi Anda.

Perhatikan Asupan Makanan Yang Bergizi

Dalam memilih makanan untuk kehamilan 33 minggu harus cermat dan jangan sembarangan mengkonsumsi makanan. Anda dituntut untuk lebih selektif dan cerdas sehingga kebutuhan nutrisi si kecil dalam tahap penyempurnaan bisa dipenuhi dengan baik.

Banyak ibu hamil yang mengalami keluhan seputar kehamilan di minggu ini akibat tidakmemperhatikan asupan makanan yang bergizi. Bahkan kondisi tersebut bisa berakibat fatal terhadap perkembangan janin menjelang persalinan.

Teliti dalam memilih jenis makanan dan mengatur pola makan menjadi kunci utama kehamilan sehat hingga persalinan tiba. Kecerobohan dalam pola makan dikhawatirkan akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan Anda dan tentunya janin.

Menginjak usia kehamilan 33 minggu sebaiknya Anda menghindari beberapa jenis makanan seperti coklat, makanan berlemak, kopi, makanan pedas dan minuman yang mengandung alkohol. Makanan tersebut lbisa memberikan dampak yang tidak baik bagi kesehatan Anda dan juga janin.

Untuk alternatif, konsumsilah makanan sehat seperti buah-buahan, sayur-sayuran, susu dan produk olahan susu, olahan gandum, daging, telur dan makanan sehat lainnya yang bernutrisi tinggi untuk tumbuh kembang janin.

Pada kehamilan 33 minggu, perbanyak informasi seputar melahirkan supaya Anda bisa mempersiapkan diri secara fisik dan mental dengan baik. Berkonsultasilah dengan dokter dan periksa kondisi perkembangan kandungan menjelang persalinan.

Dalam menjaga kebugaran tubuh, Anda bisa melakukan latihan meditasi dan yoga yang dikhususkan untuk ibu hamil tahap akhir. Latihan seperti ini juga bisa memberikan manfaat untuk memperlancar proses persalinan jika sudah tiba waktunya. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517