Perkembangan Kehamilan 23 Minggu

Memasuki usia kehamilan 23 minggu, berat janin didalam kandungan semakin bertambah. Kini tubuhnya tidak hanya sekedar tulang kecil yang terbungkus oleh kulit keriput kemerahan, namun sudah perlahan memiliki otot. Panjang badan dari kepala hingga jemari yaitu sekitae 11 hingga 12 inchi.

Pada 23 minggu kehamilan, janin akan semakin aktif untuk berguling, memainkan plasenta dan menendang-nendang. Bahkan kemampuan indera pendengaran bayi sudah berfungsi dengan sangat baik. Kini telinganya sensitif terhadap suara-suara bising dari luar kandungan dan janin juga bisa kaget ketika ada suara yang terlalu keras. Mendengarkan musik klasik menjadi salah satu pilihan untuk menstimulus perkembangan bayi.

Usia kehamilan 23 minggu, posisi uterus akan berada satu senti diatas pusar. Hal ini berarti kondisi perut yang semakin membulat. Pada minggu ini Anda cenderung merasa ingin makan karena kebutuhan nutrisi yang semakin meningkat seiring dengan perkembangan janin.

Tubuh membutuhkan asupan lemak dan protein untuk menjaga kesehatan serta tumbuh kembang janin. Maka dari itu pemenuhan nutrisi harus menjadi fokus penting untuk menunjang tumbuh kembang janin. Perhatikan setiap asupan makanan sehari-hari karena akan berpengaruh dan dirasakan juga oleh janin.

Dalam hal ini Anda harus bisa mengelola stres karena secara tidak langsung stres akan berdampak terhadap kesehatan janin dan mengganggu tumbuh kembangnya. Usahakan supaya Anda tetap tenang dalam menyikapi setiap perubahan pada kehamilan.

Pada dasarnya usia kehamilan 23 minggu sudah terbentuk otak yang berfungsi mendekati sempurna. Kini kesadaran motorik serta spasial janin sudah bisa berfungsi dengan baik. Janin akanmenghisap jempolsendiri. Sepintas mungkin hal ini terlihat sepele, namun kenyataannya tindakan tersebut merupakan kemampuan untuk mengendalikan otot dada.

Kesadaran spasial dari janin ditandai dengan kemampuan menyeimbangkan tubuh. Proses pertumbuhan organ keseimbangan didalam telinga membuat janin memiliki kemampuan untuk mengenali posisinya. Pada tahapan ini janin akan merasakan sedang terbalik atau tegak.

Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Pada Kehamilan 23 Minggu

Dalam upaya untuk mencukupi kebutuhan nutrisi si kecil di setiap tahap pertumbuhannya, maka Anda harus senantiasa memberikan asupan makanan yang bergizi tinggi. Salah satu yang direkomendasikan adalah produk olahan susu seperti keju.

Mengapa harus keju? Hal ini karena keju mengandung sejumlah nutrisi seperti vitamin A yang berguna untuk menunjang kesehatan dan tumbuh kembang janin. Hal ini karena vitamin A memegang peranan penting dalam meningkatkan sistem imun.

Keju juga dikategorikan sebagai makanan sehat karena mengandung lemak yang baik untuk tumbuh kembang janin. Selain itu kandungan mineral pada keju seperti posfor, kalsium, seng bermanfaat dalam mendukung tumbuh kembang janin yang sehat. Dalam satu ons keju terdapat sekitar 200 ml kalsium.

Keju yang akan Anda konsumsi pada waktu khamil sebaikny bisa dipastikan sudah melalui proses pasteurisasi. Hal ini supaya terbebas dari ancaman infeksi bakteri dan kuman penyebab penyakit yang bisa membahayakan kesehatan janin.

Pada usia kehamilan 23 minggu juga Anda harus memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Selain itu, kebutuhan cairan tubuh harus senantiasa diperhatikan supaya terhindar dari resiko dehidrasi dan gangguan penyakit lainnya.

Untuk menjaga kondisi tubuh supaya tetap bugar sebaiknya Anda melakukan olahraga ringan seperti jalan santai pada pagi hari. Disamping itu, lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk mendeteksi kondisi kehamilan Anda. Pemeriksaan kehamilan pada setiap minggu memang penting untuk mendeteksi resiko gangguan kehamilan yang bisa mengancam tumbuh kemkbang janin. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This