Perkembangan Janin di Trimester Kedua Kehamilan

Kehamilan Anda Memasuki Trimester Kedua? Kenali Perkembangannya

Memasuki tahap akhir dari trimester pertama dan memasuki trimester kedua gejala-gejala yang membuat ibu hamil tidak nyaman mulai berkurang dan berangsur hilang dan akan kembali normal. Pada trimester kedua perkembangan janin akan jauh lebih cepat bila dibandingkan dengan trimester pertama. Trimester kedua dimulai sejak kandungan memasuki usia minggu ke-13 sampai minggu ke-28.

Trimester kedua kehamilan

MInggu ke-13 – minggu ke-15

Perkembangan pada minggu ke-13 yaitu terbentuknya plasenta pada janin sudah mulai sempurna sehingga plasenta sudah bisa atau sudah berfungsi untuk meyediakan oksigen, makanan atau nutrisi serta sudah optimalnya pembuangan untuk janin.  Mata, alis ataupun bulu mata sudah mulai terbentuk. Pada tahap ini janin sudah menunjukan pergerakannya dengan mengisap jempolnya.

Detak jantung janin sudah bisa didengarkan ketika memasuki minggu ke-14 dan perkembangan badannya lebih cepat dibandingkan dengan perkembangan pada kepalanya. Pada tahap ini jenis kelamin pada janin sudah mulai terbentuk walaupun masih belum jelas atau masih samar.

Perkembangan sumsum di dalam kerangka terus berkembang dengan baik saat memasuki minggu ke-15, pada tahap ini ukuran janin sudah berkembang menjadi lebih besar yaitu sekitar 15,24 cm dengan bobot tubuhnya sekitar 113 gram.

Minggu ke-16 – minggu ke-18

Pembentukan alat kelamin sudah sempurna pada minggu ke-16, begitu juga dengan sistem peredaran darah yang mulai terbentuk dan sudah bisa bekerja serta berfungsi dengan maksimal. Janin sudah menunjukan reaksi yang sensitif terhadap cahaya. Janin sudah bisa menggerakan badannya, menguap, isapan jempolnya semakin kuat dan juga sudah bisa kencing.

Minggu ke-17 detak jantung bisa didengar dengan sangat jelas menggunakan bantuan socinaid. Kerangka janin sudah terbentuk dengan rambut dibagian kepala mulai tumbuh serta sidik jari pada jari-jari janin sudak terbentuk halus dan masih samar. Berat janin pada minggu ini mencapai 150 gram dengan panjang 12,5 – 14 cm.

Pada saat usianya memasuki minggu ke-18, janin sudah bisa mendengar dan sensitif terhadap suara bising, serta sudah bisa melihat adanya cahaya yang masuk dari dinding rahim.

Minggu ke-19 – minggu ke-21

Memasuki usia kehamilan pada minggu ke-19, berat badan janin sekarang sudah mencapai 240 gram dengan panjang sekitar 20,5 cm. Sel-sel yang berhubungan dengan panca indera terbentuk di dalam area khusus di dalam otak.

Minggu ke-20 Usia kehamilan sudah memasuki separuh dari usia kehamilan yang normal. Bayi sudah bisa mendengar dengan jelas suara-suara yang beraal dari luar rahim. Disamping itu perkembangan kulit bayi sudah hampir sempurna, pembentukan lapisan dermis dibawah vernix sudah terjadi.

Sistem pencernaan bayi sudah mulai berfungsi dengan baik ditandai dengan kemampuan bayi yang sudah bisa menyerap gula dan cairan. Pada tahap ini penting juga untuk menstimulasi janin dengan musik ataupun kata-kata baik dari sang ibunda untuk perkembangan otaknya karena janin sudah dengan aktif mendengar apa yang di ucapkan oleh ibunya.

Minggu ke-22 – minggu ke-25

Sel darah putih sudah terbentuk sehingga sistem kekebalan janin sudah ada. Selain itu organ pankreas yang berfungsi untuk memproduksi hormon sudah terbentuk dan berfungsi. Berat badan bayi sudah mencapai 500 gram dan panjang 30 cm memasuki minggu ke-23 dengan organ pernapasan yang hampir terbentuk sempurna, hal ini ditandai dengan terbentuknya pembuluh darah dan paru-paru.

Sistem pernapasan bayi mulai berfungsi pada saat memasuki minggu ke-24, kemudian lapisan lemak sudah terbentuk pada bagian dada, lipatan leher dan bagian selangkangan. Begitu juga dengan kelopak mata yang sudah tampak jelas.

Pada minggu ke-25 berat badan bayi mencapai 650 gram dan panjang 37 cm. sensitivitas sel saraf pada bagian mulut bibir sudah terjadi. Bayi sudah reflex menelan serta pembuluh darah dan paru-paru sudah berkembang dengan sangat baik. Kerangka tulang janin pun sudah lebih keras.

Minggu ke-26 – minggu ke-28

Sekarang kehamilan anda sudah memasuki usia kehamilan minggu ke-26, pergerakan dari janin sudah bisa anda rasakan dengan sangat jelas. Bayi sudah membuat gerakan dari pernafasan meskipun tidak ada udara di paru-paru. Kulit bayi sudah mulai terisi oleh lemak sehingga sedikit demi sedikit sudah tidak ada kerutan.

Perkembangan bayi pada minggu ini sudah hampir sepenuhnya sempurna, kelopak mata bayi sudah mulai membuka memasuki minggu ke-27. Sementara retina yang berada dibelakang di belakang mata membentuk lapisan yang berfungsi untuk meneruskan informasi ke otak.

Pada usia kehamilan tujuh bulan atau minggu ke-28 janin sudah dapat membuka matanya, perkembangan fisiknya pun sudah sempurna. Jumlah jaringan otaknya pun bertambah dan rambutnya terus tumbuh. Posisi bayi perlahan berputar pada posisi dimana kepala bayi di bawah.

Related Posts

Share This