Perkembangan Janin di Kehamilan 31 Minggu

Kini Bunda sudah menginjak kehamilan 31 minggu. Sudah siap untuk menyambut kelahiran si kecil yang didambakan? Pada minggu ini janin masih mengalami perkembangan dan bobot tubuhnya masih mengalami peningkatan. Bobot tubuh yang meningkat karena menyesuaikan dengan panjang tubuh yaitu sekitar 15 inchi.

Pada usia kehamilan 31 minggu, bulu-bulu halus (lanugo) pada tubuh si kecil mulai menghilang. Nah, bersamaan dengan hilangnya bulu-bulu tersebut maka kini alis dan bulu mata tumbuh dengan baik. Hal ini tentunya sebuah perkembangan yang sangat normal.

31 minggu kehamilan, perubahan tidak hanya pada perkembangan janin saja, melainkan terjadi perubahan yang sangat pesat pada tubuh Bunda. Pada usia kehamilan ini kaki Anda akan mengalami pembengkakan sehingga membutuhkan sandal atau sepatu baru jika ingin bepergian.

Mengapa oterjadi pembengkakan pada kaki? Hal ini karena uterus menekan pembuluh darah sehingga sirkulasinya tidak lancar. Bahkan uterus juga menekan perut sehingga Anda merasa lebih cepat kenyang dan mengalami masalah pencernaan seperti sembelit.

Jaringan otot dan tulang janin masih mengalami perkembangan sehingga berat dan panjang masih bertambah pada minggu ini. Perkembangan janin pada minggu ke-31 merupakan proses penyempurnaan sebelum akhirnya lahir.

Pada minggu yang sama terjadi proses penyempurnaan organ pencernaan dan paru-paru. Kini alveoli pada paru-paru mengalami perkembangan yang lebih baik dan begitu juga dengan pencernaan janin. hal ini karena sel darah merah sudah diproduksi oleh sumsum tulang janin secara mandiri.

Organ penglihatan janin juga mulai berfungsi dengan sangat baik. Kini iris pada mata janin sudah bia mengatur masuknya cahaya. Intensitas cahaya yang masuk senantiasa bisa diatur dengan baik dibandingkan dengan minggu sebelumnya.

Pada intinya di minggu ke-31 merupakan proses penyempurnaan dari tahap perkembangan bayi sehingga siap untuk dilahirkan. Tentu saja dalam hal ini Bunda harus memberikan sokongan dengan asupan makanan yang bergizi.

Makanan yang mengandung zat besi sangat diperlukan pada minggu 31 untuk mensuport sirkulasi dan transportasi oksigen didalam darah. Hal ini juga untuk menghindarkan Anda dari resiko anemia yang bisa membahayakan kesehatan perkembangan janin di tahap akhir.

Untuk menambah asupan zat besi, Anda bisa mengkonsumsi sayuran hijau, sereal, kacang-kacangan, daging ataupun gandum. Disamping itu, Anda bisa mencari alternatif lain, salah satunya seperti membuat puding rice yang menjadi alternatif pemenuhan zat besi.

Minggu ke-31 membutuhkan waktu istirahat yang lebih banyak dan tidak boleh kelelahan karena bisa berdampak buruk bagi janin menjelang persalinan. Bagi Bunda yang memiliki kesibukan kerja sebaiknya mengambil cuti sementara untuk mempersiapkan diri menjelang persalinan yang semakin dekat.

Memasuki tahap akhir ini banyak gejala yang mungkin akan dirasakan. Salah satunya yaitu sakit kepala yang mulai sering melanda. Terlebih lagi jika Anda sibuk bekerja, kondisi ini tentu sangat mengganggu. Maka dari itu, berhenti dari kesibukan dan memberikan lebih banyak waktu untuk istirahat nampaknya lebih baik.

Selain beristirahat, perbanyak juga asupan makanan yang bergizi dan perhatikan kebutuhan cairan untuk tubuh. Biasakan untuk minum air putih minimal 8 gelas setiap harinya. Menjaga kebugaran tubuh juga perlu dilakukan dengan menyempatkan berolahraga ringan setiap hari minimal 15 menit setiap hari. Jenis olahraga ringan yang bisa Anda jalani seperti jalan pasgi santai atau latihan meditasi dan yoga khusus ibu hamil tahap akhir.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517