Perkembangan Janin di Kehamilan 15 Minggu

Menginjak kehamilan 15 minggu berarti Anda sudah melewati trimester pertama. Kini Anda dihadapkan dengan kehamilan pada trimester kedua yang merupakan periode paling menyenangkan bagi ibu hamil. Mengapa demikian? Hal ini karena pada trimester kedua semua keluhan yang dirasakan pada tahapan sebelumnya akan perlahan menghilang.

Banyak perubahan yang akan dirasakan oleh ibu hamil di usia kehamilan 15 minggu. Perubahan tersebut terntunya tidak bersifat negatif. Semua perubahan yang terjadi akibat dari perkembangan janin didalam kandungan yang semakin pesat. Pada usia ini tentunya perubahan fisik adalah salah satu hal yang jelas terlihat seiring dengan tumbuh kembang janin.

Pada 15 minggu kehamilan, pertumbuhan dan perkembangan janin akan menuju kie bentuk yang lebih proporsional. Pada tahapan ini terjadi pertumbuhan kaki yang semakin panjang dan begitupun dengan bagian tangan.

Bertambahnya ukuran organ-organ janin karena jaringan tulang dan otot semakin tumbuh dengan baik. Pada usia 15 minggu, otot janin sudah mulai terbentuk menjadi lebih kuat jika dibandingkan dengan usia sebelumnya. Oleh karena itu pada usia ini Anda akan merasakan tendakan dan pergerakan janin yang lebih kuat.

Salah satu bukti bahwa jaringan tulang janin berkembang adalah bertambahya panjang kuku tangan dan kaki janin. Selain itu, kini janin sudah belajar untuk mengepal karena sudah mulai memiliki kendalai atas otaknya. Bahkan janin mulai mempelajari kesadaran motorik.

Melihat perkembangan janin yang semakin pesat pada minggu ke 15 maka ibu hamil perlu memperhatikan asupan nutrisi untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Ibu hamil harus senantiasa mengkonsumsi makanan bergizi yang mengandung sejumlah nutrisi seperti vitamin, mineral, protein dan folat.

Nah, salah satu jenis nutrisi yang harus tercukupi pada usia kehamilan 15 minggu yaitu vitamin B12. Nutrisi yang satu ini memegang peranan penting dalam membantu perkembangan syaraf serta fungsi otak janin. Pada usia 15 minggu inilah perkembangan otak dan saraf dimulai sehingga perlu ditunjang dengan asupan makanan yang bergizi.

Konsumsi makanan yang emngandung vitamin B12 sangat dianjurkan pada usia kehamilan ini. Salah satu jenis makanan yang mengandung vitamin B12 yaitu rumput laut dan tempe. Jenis makanan ini cukup mudah ditemui dan gampang untuk diolah.

Jenis makanan lain yang kaya akan kandungan vitamin B12 yaitu susu kedelai, serea dan daging. Namun dalam mengkonsumsi jenis makanan tersebut harus diolah dengan cara yang benar. Terutama untuk daging harus benar-benar dibersihkan terlebih dahulu dan diolah hingga matang. Hal ini untuk menghindari bakteri dan kuman yang bisa memicu infeksi.

Disamping mencukupi kebutuhan nutrisi, Anda juga harus memeriksakan kandungan ke dokter secara teratur. Hal ini berguna untuk mengetahui perkembangan dan mendeteksi adanya kelainan. Selain itu, biasakan untuk menjaga kebugaran tubuh melalui olahraga ringan seperti jalan kaki santai pada pagi hari.

Pada dasarnya untuk mendukung kehamilan yang sehat, maka Anda harus menerapkan pola hidup yang sehat. Hindari segala aktivitas yang bisa menyebabkan Anda kelelahan karena bisa memperngaruhi kesehatan janin.

Pemilihan makanan juga harus dilakukan dengan hati-hati dan selektif pada tahap tahap kehamilan ini. Pengolahan makanan untuk ibu hamil harus benar-benar matang dan tidak boleh asal-asalan. Salah teknik pengolahan bisa menghilangkan kandungan nutrisi sehingga tidak memperoleh zat gizi yang diperlukan tubuh.

Nah, demikian perkembangan janin pada usia kehamilan 15 minggu. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517