Perkembangan Janin di 38 Minggu Kehamilan Semakin Siap Dilahirkan

38 minggu kehamilan berarti sudah memasuki tahap akhir dan bayi Anda sudah dalam kondisi sempurna untuk dilahirkan. Pada minggu ini mungkin Bunda akan merasa harap harap cemas karena buah hati yang didambakan sebentar lagi sudah bisa ditimang.

Pada usia kehamilan 38 minggu, janin telah mengalami perkembangan yang sempurna dan memiliki bobot tubuh sekitar 3 hingga 4 kg dengan panjang tubuhnya mencapai 35 cm. Semua orag sudah berada di tempat yang seharusnya dengan fungsi yang sesuai.

Lanugo atau bulu halus yang sebelumnya tumbuh di tubuh janin, kini sudah sepenuhnya hilang dan berganti dengan rambut pada bagian kepala, alis serta bulu mata yang indah tumbuh di tempat yang seharusnya.

Berat janin usia kehamilan 38 minggu memang sudah sangat sempurna sebagai persiapan menjelang persalinan. Bahkan pada minggu ini paru paru serta pita suara janin sudah terbentuk dengan sangat sempurna. Sudah tidak sabar bukan untuk mendengar tangisan si kecil?

Janin sudah berada pada posisi mapan sehingga Anda bisa bernafas lega dan fokus untuk mempersiapkan diri menjelang persalinan. Salah satu hal yang disarankan bagi Bunda menjelang persalinan adalah melakukan persiapan secara fisik, mental dan memmbuat daftar orang-orang yang bisa dihubungi jika sewaktu-waktu Anda ingin melahirkan secara tiba-tiba.

Pada sebagian kasus, ada bayi yang lahir pada minggu ke-37 dan bahkan lahir di minggu ke-42. Hal ini tentunya masih terbilang normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Jika janin sudah mencapai usia 38 minggu dan belum lahir maka hal itu berarti janin Anda membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menyempurnakan pertumbuhannya.

Kemungkinan jika pada usia 38 janin belum lahir adalah karena membutuhkan waktu untuk menumbuhkan kuku atau menghilangkan lanugo yang masih menempel pada permukaan tubuh. Dalam hal ini sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter dan tetaplah untuk waspada karena minggu ini rawan kontraksi persalinan secara tiba-tiba.

Minggu ini juga perkembangan otak bayi semakin sempurna dengan volume otak sebesar 400 ons. Volume serta lipatan otak bayi akan terus bertambah hingga nanti tidak bernafas lagi. Setelah lahir, tugas Anda adalah memberikan asupan nutrisi untuk menunjang perkembangan otaknya.

Berat badan janin pada minggu ini menjelang persalinan yaitu sekitar 6,5 pounds atau 2,9 kg. Hingga dua minggu berat badan janin akan mencapai 3,9 kg. Perkembangannya memang sangat cepat dan hal ini terbilang normal, terlebih lagi beberapa saat setelah dilahirkan maka perkembangannya sangat pesat.

Memasuki minggu akhir menjelang kehamilan mungkin Bunda merasa kebingungan untuk mengatur menu makanan yang mengadnung nutrisi guna mencukupi kebutuhan nutrisi si kecil. Mungkin Bunda merasa bosan dengan makanan yang itu-itu aja.

Bagi Bunda yang bingung untuk menu santap siang maka bisa mengkonsumsi sup daging dengan kombinasi sayuran. Sup tentunya kaya akan nutrisi berupa vitamin dan mineral penting untuk mengoptimalkan perkembangan janin menjelang persalinan.

Disamping itu, konsumsi juga buah dan sayur yang berkualitas karena jenis makanan tersebut kaya akan kandungan nutrisi yang dibutuhkan janin. Bahkan antioksidan pada makanan tersebut berfungsi untuk meningkatkan sistem imun janin dan Bunda menjelang persalinan.

Sudah siap untuk menyambut kelahiran si buah hati? Persiapkan diri Anda dengan menjaga kesehatan dan hindari aktivitas yang membahayakan. Perbanyak juga konsumsi air putih dan hindari stres supaya persalinan Anda lancar. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This