Perkembangan Janin dan Gejala Kehamilan 10 Minggu

Pada kehamilan 10 minggu perkembangan janin semakin meningkat. Biasanya gejala yang akan dirasakan oleh ibu hamil adalah mudah merasa lelah jika dibandingkan dengan usia sebelumnya. Meskipun hanya melakukan aktivitas ringan saja, namun tubuh akan gampang kelelahan sehingga Anda perlu memperhatikan waktu istirahat untuk menghindari gangguan kesehatan yang bisa mempengaruhi janin di dalam kandungan.

Usia kehamilan 10 minggu hendaknya Anda mulai menyeimbangkan wakrtu istirahat dan minimalisir aktivitas. Disamping mudah lelah, ibu hamil di usia ini akan mengalami perubahan bentuk tubuh yang semakin jelas terlihat dari sebelumnya. Mungkin baju-baju Anda akan sulit untuk digunakan sehingga lebih baik mempersiapkan baju dengan ukuran yang lebih besar guna menunjang kenyamanan Anda.

Janin usia 10 minggu tentunya sudah semakin berkembang. Banyak perubahan yang akan dirasakan oleh ibu hamil. Perkembangan janin di usia ini yaitu organ-organ tubuh sudah mulai terbentuk dengan baik yaitu jari kaki yang sudah mulai menjulur keluar.

Pada usia ini, mata bayi akan mulai terbuka hingga usia kehamilan 27 minggu. Di usia 10 minggu kehamilan, hal yang paling jelas terlihat adalah bagian ekor janin yang mirip kecebong perlahan mulai hilang. Disamping itu, organ pada janin sudah mulai berfungsi secara perlahan. Organ yang mulai berfungsi tersebut diantaranya yaitu pankreas.

Bayi yang berkembang semakin membesar didalam kandungan akan memberikan pengaruh terhadap bentuk tubuh ibu hamil terutama pada bagian perut yang semakin membulat. Semakin hari, janin akan semakin berkembang hingga mencapai waktunya persalinan.

Perubahan yang biasanya dirasakan oleh ibu hamil usia 10 minggu yaitu dari segi psikis sehingga tingkat emosi tidak stabil yaitu kadang naik turun. Mengapa bisa demikian? Hal ini karena adanya pengaruh hormon yang secara tiba-tiba akan berubah sehingga menyebabkan tingkat sensitivitas meningkat pada wanita hamil.

Supaya tidak memberikan pengaruh terhadap perkembangan janin, maka sebaiknya Anda mulai belajar untuk mengolah emosi. Disamping itu, keluarga juga harus memberikan dukungan sehingga Anda tidak merasa sendirian dalam menjalani kehamilan tersebut.

Lakukan hal-hal yang menyenangkan untuk mencegah stres dan depresi diusia kehamilan 10 minggu. Anda bisa melakukan kegiatan ringan dan sederhana seperti melakukan senam kehamilan atau yoga. Dalam latihan tersebut Anda juga bisa belajar mengolah nafas dan menciptakan suasana menyenangkan untuk menghilangkan stres.

Aspek penting lainnya untuk membantu mendukung tumbuh kembang janin yaitu harus memberikan asupan nutrisi yang seimbang. Pemilihan jenis makanan menjadi penentu kelengkapan nutrisi untuk tubuh dan kesehatan janin.

Dalam usia kehamilan 10 minggu juga Anda harus mengetahui pantangan yang beresiko terhadap kehamilan. Salah satu contohnya jangan melakukan aktivitas yang terlalu berat, jangan mengkonsumsi makanan mentah atau setengah matang, jangan mengkonsumsi makanan berlemak dan tinggi kandungan gula.

Hal penting lainnya yang perlu Anda perhatikan terkait kehamilan 10 minggu adalah harus memeriksakan kondisi kehamilan secara rutin. Hal ini bertujuan untuk mengetahui tumbuh kembang janin dan mendeteksi kesehatannya. Jika terdeteksi ada gangguan maka bisa ditangani lebih awal sehingga tidak akan menyebabkan kondisi yang lebih parah.

Nah, demikian perkembangan dan hal-hal yang sebaiknya diperhatikan oleh ibu hamil 10 minggu guna menunjang tumbuh kembang janin di dalamĀ  kandungan. Dengan begitu maka Anda akan emperoleh kehamilan yang sehat sehingga proses persalinan akan berjalan dengan normal jika waktunya sudah tiba.

Related Posts

Share This