Perkembangan Indera Penglihatan Bayi Pada Bulan Kedua

Penglihatan merupakan salah satu keterampilan yang dipelajari oleh bayi sejak lahir. Hal ini karena bayi sudah memiliki kemampuan untuk melihat sejak dilahirkan. Akan tetapi mungkin pandangannya masih kabur dan belum sepenuhnya jelas. Penglihatan bayi secara perlahan akan berkembang seiring dengan bertambahnya usia bayi. Untuk mengoptimalkan penglihatan bayi, Anda bisa memberikan stimulasi atau rangsangan.

Secara fisik mata bayi terlihat sudah bisa melihat sejak pertama kali dilahirkan, akan tetapi otak bayi belum sepenuhnya bisa memproses seluruh informasi yang bersifat visual. Hal inilah yang menyebabkan penglihatan bayi masih kabur pada waktu pertama kali dilahirkan. Sehingga tidak heran ketika awal dilahirkan bayi kesulitan untuk mendapatkan fokus dalam melihat suatu benda.

Indera Penglihatan Bayi Pada Bulan Kedua

Nah, Berikut Ini Ada Beberapa Hal Yang Berkaitan Dengan Perkembangan Penglihatan Mata Bayi Pada Bulan Kedua

Perlu Anda ketahui sebenarnya bayi sudah bisa melihat suatu benda atau bahkan warna sejak dilahirkan. Akan tetapi bayi belum bisa membedakan benda dan warna tersebut. Semakin usianya bertambah maka bayi sudah memiliki kemampuan untuk memilih dan membedakan warna ataupun benda yang dilihatnya.

  • Bayi menggerakan mata dan kepala secara bersamaan

Usia bayi kini sudah memasuki bulan kedua sehingga organ tubuhnya sudah mulai berkembang dengan pesat. Salah satunya yaitu perkembangan indera penglihatan bayi. Anda bisa perhatikan mata bayi yang sudah mulai terlihat fokus ketika Anda melakukan gerakan untuk menjauhinya. Mata bayi akan mengikuti gerakan Anda dan gerakan mata tersebut akan terlihat lebih halus sehingga kepala bayi akan mengikuti irama dari gerak matanya. Bayi sudah bisa melihat benda disekitarnya dengan jelas.

  • Bayi bisa melihat lebih jauh

Pada bulan pertama sejak kelahirannya, bayi belum bisa melihat dengan jelas. Pada bulan kedua fokus penglihatan sudah perlahan bertambah sehingga bayi bisa melihat benda dengan jelas. Seiring dengan bertambahnya kemampuan dalam melihat, bayi akan lebih tertarik akan banyak hal seperti melihat wajah Anda, melihat benda-benda di dalam rumah dan berusaha melihat ke luar ruangan. Pada bulan kedua perkembangan penglihatan bayi sudah bisa melihat lebih jauh dan rasa ingin tahu bayi sudah semakin tinggi.

  • Bayi berusaha untuk melihat benda di luar ruangan

Bayi menunjukan gerakan yang ingin melihat benda lain di luar rumah. Dalam hal ini Anda harus lebih peka untuk menanggai rasa ingin tahu bayi. Cobalah untuk memposisikan bayi dengan posisi tegak atau menyandar. Anda bisa menggunakan tempat duduk khusus bayi atau memposisikan bayi berada di pangkuan Anda. Dengan begitu bayi akan merasa lebih nyaman dan leluasa dalam memperhatikan benda-benda disekitarnya. Bahkan Anda bisa mengajak bayi keluar ruangan untuk melihat pemandangan supaya perkembangan dan fokus penglihatannya lebih baik lagi.

  • Rasa ingin tahu bayi untuk melihat sesuatu lebih tinggi

Ketika memasukin usia dua bulan biasanya rasa ingin tahu bayi semakin tinggi. Nah, untuk mengoptimalkan hal tersebut Anda bisa mengajak bayi untuk melihat pemandangan atau memperkenalkan berbagai macam warna pada bayi. Ajaklah bayi untuk berjalan-jalan di halaman rumah atau ditaman yang penuh bunga. Dengan begitu rasa ingin tahu bayi akan tersalurkan dan bayi tidak akan merasa bosan akibat terlalu sering di dalam ruangan.

Itulah beberapa point dari perkembangan penglihatan pada bayi yang berusia dua bulan. Untuk mendukung dan mengoptimalkan perkembangan penglihatannya, sebaiknya Anda memberikan stimulasi pada bayi.

Related Posts

Share This