Perkembangan Bayi: Kapan Anak Mulai Bisa Berjalan?

Perkembangan bayi memang akan terlihat secara signifikan pada tahun pertama serta tahun kedua. Yang pada awalnya hanya bisa terbaring di kasur dan dipangkuan bunda, namun seiring dengan berjalannya waktu, lambat laun si kecil mulai bisa berdiri dan berjalan dengan menggunakan kedua kakinya.

Namun sebelum si kecil memasuki masanya untuk berjalan, terutama si kecil akan melalui beberapa tahapan yang memang sangat di butuhkan perhatian serta dukungan yang lebih dari bunda, terutama di awal perkembangan bayi 10 bulan.

perkembangan bayi

Perkembangan bayi 10 bulan memang berbeda dengan perkembangan bayi 2 bulan, karena di usia 10 bulan si kecil mulai menunjukkan perkembangannya yang melesat. Proses perkembangan si kecil sampai ia bisa berjalan memang bisa berbeda antar satu anak dengan yang lainnya. Akan tetapi, ada patokan dasar yang memang bisa bunda jadikan sebagai pedoman guna memantau kemampuan yang dimiliki si kecil sampai ia bisa berjalan.

Dan berikut ini ada beberapa kemampuan yang akan di miliki si kecil yang disesuaikan dengan usia mereka, yang disertai dengan beberapa langkah yang bisa bunda gunakan guna merangsang kemampuan si kecil untuk berjalan. Yaitu sebagai berikut:

Duduk

Si kecil mulai bisa duduk sendiri tanpa adanya bantuan dari bunda ketika usianya menginjak 4-7 bulan. Kemampuannya dalam duduk ini bisa memperkuat otor-otot si kecil yang bisa mendukungnya ketika ia akan belajar untuk berdiri. Dan stimulasi yang bisa bunda berikan kepada si kecil yaitu mengajaknya bermain, misalkan seperti menggelindingkan bola ke arahnya, atau bahkan melakukan permainan susun-menyusun. Dan pada usia si kecil yang memasuki 6 bulan, bunda juga bisa memegang pinggang si kecil dan biarkan ia untuk melompat-lompat di paha bunda. Karena melompat-lompat merupakan stau kegiatan yang paling di sukai bayi ketika memasuki usia 6 bulan.

Merangkak

Di rentang usia sekitar 7-10 bulan, si kecil akan mulai belajar untuk merangkak. Tahapan ini sangatlah penting, karena bisa melatih menggerakan bagian tangan juga kaki si kecil pada waktu yang bersamaan. Namun ada juga diantaranya bayi yang merangkaka dengan menggunakan perut. Dan stimulasi yang bisa bunda berikan yaitu membiarkan si kecil untuk merangkak dari satu arah kea rah yang lainnya.

Mengangkat dirinya dengan bantuan

Sekitar usia si kecil yang memasuki 8-9 bulan, si kecil akan tumbuh lebih kuat dari sebelumnya. Biasanya, dalam tahapan ini si kecil mulai bisa mengangkat dirinya tanpa adanya bantuan dari orang lain. Cara ini bisa membantu si kecil untuk merasakan sensasi berdiri yang baik. Dan stimulasi yang bisa bunda berikan yaitu dengan cara membantu menarik tubuh si kecil ketika si kecil mulai meniapkan posisinya untuk berdiri.

Berjalan dengan bantuan

Si kecil mulai bisa berjalan walaupun masih dengan bantuan ketika memasuki usia 8-9 bulan. Porses ini bisa membantu si kecil dalam meningkatkan keberanian serta rasa percaya diri untuk melangkahkan kaki seorang diri. Stimulasi yang bisa bunda berikan kepada si kecil yaitu dengan cara terus mentatih si kecil. Ketika si kecil mulai terbiasa menapakkan kakinya ke lantai, maka makin cepat pula ia berjalan.

Merambat

Ketika usia si kecil mulai memasuki usia 8-9 bulan, si kecil juga mulai berani untuk berjalan dengan cara merambat pada tembok ataupun benda-benda yang ada di sekitarnya. Dan stimulasi yang bisa bunda berikan pada proses ini yaitu selalu berikan pujian kepada si kecil atas kemampuan yang ia miliki.

Berdiri tanpa bantuan

Tahapan ini merupakan satu tahapan yang paling penting ketika si kecil akan berjalan. Jika si kecil mulai bisa berdiri tanpa bantuan, itu artinya ia sudah mulai memiliki keseimbangan yang akan menjadi bekal ketika si kecil berjalan. Biasanya tahapan ini akan terjadi ketika si kecil memasuki usia 9-12 bulan. Dan stimulasi yang bisa bunda berikan yaitu melatih si kecil untuk berdiri.

Langkah pertama

Yang di tunggu-tunggu selama ini akhirnya tiba. Langkah pertama yang di lakukan si kecil merupakan satu momen yang sangat penting untuk si kecil. Karena untuk melangkahkan kakinya, dibutuhkan keberanian yang besar untuk melakukannya. Momen ini biasanya akan terjadi ketika usia si kecil 9-12 bulan.

Hore! Akhirnya si Kecil bisa berjalan

Setelah proses penjang yang di lalui si kecil, akhirnya si kecil bisa berjalan sendiri tanpa adanya bantuan. Pada umumnya, momen ini akan terjadi ketika si kecil berusia 12-18 bulan. Ketika si kecil mulai bisa berjalan, mungkin si kecil akan kehilangan keberaniannya dan memilih untuk merangkak. Namun hal ini merupakan satu hal yang wajar terjadi pada si kecil yang mulai bisa berjalan, dan lama kelamaan, dia juga akan terbiasa untuk memijakkan kakinya. Dan ketika hal ini terjadi, sebaiknya bunda mengajak si kecil untuk terus berjalan.

Nah, itulah perkembangan bayi yang harus bunda ketahui dan pahami. Latihlah terus si kecil untuk berjalan di waktu yang tepat, agar si kecil dengan cepat bisa berjalan sendiri tanpa adanya bantuan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517