Perkembangan Bayi 4 Bulan yang Harus Bunda Ketahui

Penting untuk bunda ketahui, bahwa perkembangan bayi 4 bulan merupakan satu proses yang sangat cepat serta menakjubkan. Banyak hal baru yang yang bisa dilakukan oleh bayi yang berusia 4 bulan, bahkan bunda harus lebih memperhatikannya, karena si kecil akan semakin aktif di usia ini. Salah satu tanda perumbuhan yang paling pesat yang terjadi pada bayi 4 bulan yaitu suara serta cara ia dalam tertawa. Si kecil akan sering tertawa di usia ini, bahkan suara yang dikeluarkan juga terdengar semakin jelas.

perkembangan anak usia 4 bulan

Selain itu, tanda-tanda perkembangan anak usia 4 bulan yang lainnya yaitu kemampuan si kecil untuk tengkurap. Pada usia 4 bulan, si kecil mulai bisa tengkurap, dan ketika ia tengkurap ia akan berusaha untuk memandang kedepan dengan cara mengangkat bagian kepala serta bahunya dengan bertumpu kepada bagian tangannya. Dengan mendongkakan kepalanya, ia akan bisa melihat ke semua arah serta mengeksplorasi sejumlah benda yang ada di sekelilingnya. Setelah ia berhasil mengeksplorasi hal-hal yang ada di sekelilingnya, dan menemukan benda-benda yang menarik, maka biasanya bayi 4 bulan akan memindahkan posisi dirinya dengan cara berguling. Dan hal ini bisa membantu pertumbuhan motoriknya.

Perkembangan bayi 4 bulan juga bisa dilihat dari kesukaan si kecil memegang beberapa barang ataupun benda yang ada di sekitarnya, namun terkanag benda yang dipegangnya terlepas dikarenakan si kecil memegang benda tersebut dengan erat. Bukan hanya itu, bayi 4 bulan juga kerap memasukkan apapun yang ia pegang ke dalam mulutnya. Dan sebaiknya bunda mewaspadai hal ini, karena tidak selamanya benda yang ia pegang bersih dari kuman. Bunda juga bisa memberikan mainan yang banyak kepada si kecil, agar ia aktif, dan hal ini bisa melatih seluruh otot yang ada di dalam tubuh si kecil.

Bukan hanya itu, bunda juga harus lebih jeli dalam mengenali apa yang di inginkan oleh si kecil juga emosi yang terjadi pada bayi 4 bulan. Bayi usia 4 bulan juda mulai bisa mengungkapkan apa yang ia inginkan dengan cara yang lebih jelas, dan bunda harus bisa lebih peka memahami apa yang di inginkan si kecil juga kebutuhannya. Si kecil akan terus berteriak jika apa yang diinginkannya tidak terpenuhi.

Bukan hanya itu, bayi yang bersuia 4 bulan juga bisa merasakan emosi yang terjadi pada orangtua. Jika bunda berbicara dengan nada yang sedikit tinggi, maka kemungkinan besar si kecil akan terdiam, selain itu si kecil juga mulai bisa memahami juga mengenali mimic raut muka bunda, sehingga ketika bunda menunjukkan mimic wajah yang sedih setiap saatnya, maka hal ini akan mempengaruhi kondisi emosional si kecil.

Related Posts

Share This