Perkembangan Bayi 10 Bulan yang Harus Bunda Perhatikan

Mengikuti perkembangan bayi memang merupakan salah satu hal yang sangat menggembirakan juga menakjubkan bagi semua orangtua. Dan banyak diantaranya orangtua yang memang tidak ingin melewatkan perkembangan dari buah hatinya.

Nah, sama halnya pada perkembangan bayi 10 bulan. Ada beberapa hal yang pastinya akan membuat Anda terpelongo dan terheran-heran dengan tingkah yang kerap kali di lakukan oleh si kecil. Bahkan ketika itu, Anda akan dibuatnya sibuk, karena di usia 10 bulan si kecil mulai menunjukkan keaktifannya.

Di bawah ini ada beberapa perkembangan bayi usia 10 bulan yang memang harus benar-benar Anda perhatikan, yaitu sebagai berikut:

  1. Di usianya yang memasuki 10 bulan, si kecil sudah mulai mahir duduk bahkan mampu mengatur posisi tubuhnya sendiri.
  2. Si kecil sudah mulai mampu untuk merambat serta memakai bantuan dari barang-barang yang ada di sekitarnya, bahkan ia sudah mampu untuk berdiri dalam waktu yang cukup lama.
  3. Di usianya 10 bulan, Anda sudah mulai bisa melatih si kecil untuk berjalan. Dengan cara menatihnya dan si kecil nantinya akan mulai melangkahkan kaki mungilnya untuk berjalan. Momen ini merupakan momen yang paling membahagiakan untuk Anda.
  4. Si kecil juga mulai mampu menggunakan kedua tangannya dengan lebih baik lagi. Bahkan si kecil sudah mampu untuk menggenggam serta melakukan beberapa gerakan dengan menggunakan tangan, seperti mengambil juga menunjuk.
  5. Si kecil mulai memiliki kemampuan untuk bertepuk tangan dengan gerakan yang lincah ketika ia mendengar instruksi tepuk tangan. Bahkan bayi di usia ini juga mulai mampu mendengarkan setiap perintah yang diberikan oleh orang di sekitarnya.
  6. Ketika Anda memberikan pujian kepada si kecil, maka umumnya si kecil akan kembali melakukan gerakan atau bahkan tindakan yang sama dengan apa yang dilakukannya tadi.
  7. Si kecil juga mulai merasa takut ketika mereka ditinggalkan oleh kedua orangtuanya. Bahkan si kecil juga mulai susah untuk di gendong atau diajak bermain oleh orang lain yang asing baginya.
  8. Si kecil akan sangat senang mencari segala hal baru yang ada di sekitarnya. Dan ketika itu, Anda harus memastikan kalau semua ruangan aman untuk menjadi tempat bermain si kecil.

Pada perkembangan bayi 10 bulan, si kecil juga mulai mahir dalam menggerakan setiap jari-jemarinya. Oleh karena itu, Anda sebagai orangtua harus tetap bisa mengawasi setiap benda yang memang berada di sekitar si kecil, karena bisa saja ia memasukkannya kedalam mulut.

Bukan hanya itu, di usianya ini Anda juga bisa melatih si kecil untuk menggunakan sendok untuk makan. Dan pilihlah makanan yang memang memiliki kandungan gizi juga nutrisi yang baik untuk membantu tumbuh kembang si kecil. Bahkan Anda dianjurkan untuk melatih si kecil agar ia memiliki waktu makan yang baik, maka si kecil tidak akan makan di waktu yang bukan jam makannya.

Hal ini pastinya akan membuat si kecil menjadi pribadi yang mandiri juga disiplin. Bahkan si kecil membutuhkan suatu pujian juga hadiah jika ia melakukan hal yang benar juga baik.

Related Posts

Share This