Perkembangan Bahasa Pada Bayi Usia 4 Bulan

Kini perkembangan bayi Anda sudah memasuki usia 4 bulan. Pastinya Anda akan menemukan sesuatu yang baru dan berbeda setiap harinya. Hal pertama yang mungkin Anda temui adalah suara tertawa bayi yang sudah semakin keras yang menunjukan bayi Anda berkembang dengan baik. Pada usia 4 bulan bayi sudah bisa tengkurap. Selain itu, bayi juga sudah memiliki kemampuan untuk menggenggam sesuatu walaupun terkadang belum sepenuhnya bisa memegang dengan benar.

Bayi Usia 4 Bulan

Perkembangan lain yang terjadi pada bayi usia 4 bulan yaitu kemampuan untuk berkomunikasi. Pada usia ini bayi mencoba untuk mengucapkan kata-kata vokal. Selain itu, bayi juga mulai menirukan kata-kata yang Anda ucapkan meskipun tidak nampak jelas. Pada tahap ini bayi belajar bahwa bahasa adalah hal yang menyenangkan.

Suara isyarat

Bayi yang berusia 4 bulan belum bisa mengeluarkan kata-kata yang jelas. Bayi berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat dan terkadang membuat Anda kebingungan apa yang diinginkan oleh bayi. Dalam hal ini Anda dituntut untuk lebih peka dan responsif untuk menanggapi bahasa isyarat bayi. Biasanya bayi akan berkomunikasi ketika lapar ataupun merasa tidak nyaman dengan lingkungan tempat tidurnya seperti popok yang basah. Bayi akan lebih terstimulus untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasinya apabila Anda lebih tanggap dan mengerti dengan bahasa isyaratnya.

Suara yang semakin keras

Selain mengeluarkan bahsa isyarat, bayi pada usia 4 bulan juga akan menunjukan suara yang keras seperti teriakan untuk mendapatkan perhatian dari orang yang mendengarnya. Teriakan bayi yang keras bukan menunjukan marah. Suara-suara tersebut dikeluarkan oleh bayi untuk mendapatkan respon dari pendengarnya sehingga bayi akan menemukan suara yang cocok. Nah, dari sinilah bayi akan mulai belajar mengenai suara yang merdu untuk mendapat tanggapan orang lain.

Suara tawa dari bayi

Pada usia tersebut bayi sudah bisa tertawa dengan suara yang lebih keras ketika diajak bermain. Hal ini menunjukan perkembangan bayi berjalan normal dan sehat. Pada usia ini bayi mulai mempelajari  cara berkomunikasi  dan kosa kata yang didengarnya.

Ocehan bayi

Pada umumnya bayi yang sudah menginjak usia 4 bulan sudah bisa membuat suara-suara yang menyerupai bahasa sesungguhnya. Bayi lebih banyak mengeluarkan ocehan-ocehan sebagai cara untuk menarik orang disekitarnya. Ocehan ini akan terdengar lebih jelas ketika bayi sudah memasuki tahap perkembangan selanjutnya.

Suara bayi yang penuh kegembiraan

Ocehan bayi yang paling menonjol pada usia 4 bulan yaitu suara bayi yang penuh dengan kegembiraan. Biasanya bayi akan terus berbicara sampai mulutnya mengeluarkan busa. Bayi mulai menunjukan perkembangan dalam hal berkomunikasi meskipun belum bisa mengucapkan kata-kata dengan jelas.

Demikian perkembangan bahasa yang terjadi pada bayi usia 4 bulan. Untuk mengoptimalkan perkembangan dan kemampuan bayi dalam berkomunikasi, Anda bisa memberikan rangsangan dengan cara lebih sering untuk mengajak bayi berbicara.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517