Perkembangan Anak Usia 1 Tahun, Si Kecil Sudah Bisa Apa Saja?

Ketika si kecil memasuki usia 12 bulan atau 1 tahun, biasanya si kecil mulai bisa berjalan dengan sendiri tanpa adanya bantuan dari orang sekitarnya, dan itu perkembangan anak usia 1 tahun. Akan tetapi, berjalan bukanlah satu-satunya tanda tumbuh kembang si kecil di fase ini. Di usia si kecil yang menginjak 12-24 bulan, akan terjadi perkembangan otak yang sangatlah pesat, yang mana di tandai dengan bertambahnya keterampilan si kecil dalam berbicara, berjalan sendiri, atau bahkan kemampuan dalam mengingat. Ulang tahun pertama si kecil merupakan salah satu pertanda bahwa si kecil mulai meninggalkan masa di mana ia di sebut bayi dan ia akan mulai memasuki masa batita juga balita.

Bukan hanya pertumbuhan fisik saja, akan tetapi anak usia 1 tahun juga di tandai oleh beberapa perkembangan lainnya. Dan di bawah ini ada beberapa perkembangan anak usia 1 tahun, yaitu sebagai berikut:

  1. Perkembangan kognitif

Di usia ini, si kecil mulai memiliki kemampuan untuk berfikir, belajar serta mengingat atas perilaku yang di lakukan oleh orang lain atau bahkan mengingat kejadian yang ada di sekitarnya. Bukan hanya itu, di usia ini si kecil juga mulai memahami simbol, dimulai dari meniru, membayangkan hingga bermain pura-pura.

  1. Perkembangan emosi

Bentuk adanya perlekatan emosi yang terjadi pada balita akan di tandai oleh tangisan ketika ia dipisahkan dengan orang yang dekat dengannya. Akan tetapi, seiring dengan berjalannya waktu, si kecil biasanya hanya ingin melakukan aktivitas seorang diri. Dan hal ini merupakan tahapan awal ketika ia belajar mengenai konflik, rasa bingung juga terkadang merusak.

  1. Perkembangan bahasa

Ketika si kecil menginjak usia 15-18 bulan, si kecil biasanya akan mulai belajar untuk memahami kosa kata yang semakin banyak, sampai 10 kali lebih banyak jika di bandingkan dengan yang biasanya ia katakana. Bahkan ketika si kecil ulang tahun untuk yang kedua, ia sudah mulai bisa mengungkapkan setidaknya 50-100 kosa kata.

  1. Perkembangan sensorik dan motoric

Keterampilan motoric ini akan terjadi ketika otot juga saraf si kecil mulai bekerja secara bersamaan. Dan si kecil sudah seharusnya bisa mencapai tahapan control serta koordinasi, sehingga ia bisa berjalan dengan sangat mantap. Dan setelah berjalan, keterampilam lainnya yang akan ia miliki yaitu memanjuat, lari juga lompat.

Penting untuk bunda ingat, bahwa tumbuh kembang si kecil sangatlah bersifat individual juga terkesan unik. Dan beberapa hal di atas hanyalah beberapa panduan yang bisa membuat orangtua terutama bunda dalam memudahkan memantau perkembangan si kecil. Nah, agar si kecil tumbuh dengan baik, sebaiknya bunda juga bisa memberikan makanan anak usia 1 tahun, agar nutrisi si kecil masih bisa terpenuhi.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517