Perkembangan Anak: Pentingkah Si Kecil Mengerti Dua Bahasa?

Perkembangan anak. Untuk saat ini, banyak diantaranya sekolah-sekolah yang telah menggunakan dua bahasa, misalkan seperti bahasa Indonesia-Inggris atau bahkan bahasa Indonesia-Mandarin. Dan umumnya kedua bahasa tersebut di gunakan oleh guru-guru dalam menyampaikan materi pembelajaran atau bahkan di guankan di kegiatan antar sekolah. Apakah Anda berminat untuk menyekolahkan si kecil di sekolah bilingual ini?

Memang sekolah bilingual terlihat bisa membantu si kecil untuk lebih aktif lagi serta kreatif, akan tetapi, guna perkembangan bahasa anak usia dini yang lebih baik, Anda harus bisa mempertimbangkan kesiapan si kecil guna memahami dan mengerti dua bahasa

Nah, jika Anda serta pasangan sangat menginginkan untuk mengajarkan si kecil berkomunikasi dengan menggunakan dua bahasa, maka Anda bisa mempersiapkan hal tersebut guna perkembangan bahasa pada anak. Berikut ini cara yang bisa Anda terapkan, yaitu sebagai berikut:

  1. Rencana masa depan

Anda juga pasangan pastinya memiliki tujuan ketika Anda menginginkan si kecil menguasai dua bahasa atau lebih dalam berkomunikasi selain bahasa ibunya. Dan yang pasti tujuannya bukan untuk menjaga gengsi.

Anda juga suami harus bisa mempersiapkan rencana yang matang, misalkan rencanakan di mana si kecil akan bersekolah, dan apakah Anda siap untuk mengerti bahasa tersebut, pikirkan pula manfaatnya untuk si kecil, serta bagaimana lingkungan sekitar akan mendukung perkembangan tersebut.

  1. Waktu ekstra

Bukan hanya guru juga teman sekolah, Anda sebagai orangtua juga harus melatih si kecil untuk berbicara dengan menggunakan bahasa asing yang memang ia pelajari. Dan yang pasti, Anda membutuhkan waktu ekstra untuk melakukan hal ini.

  1. Kebiasaan baru

Mau tidak mau, Anda harus berusaha untuk sering menggunakan bahasa asing yang memang di pelajari si kecil ketika berkomunikasi sehari-hari. Dimulai dari segi perintah, pujian, sarapan, atau bahkan berdiskusi dengan menggunakan topic seputar aktrivitas si kecil.

Dan ketika si kecil kurang mampu menggunakan susunan kata atau bahkan mencampur dua bahasa dalam satu kalimat yang terucap oleh si kecil, maka Anda harus bisa membantu untuk mengkoreksi kesalahan tersebut.

  1. Pengertian

Pastinya si kecil membutuhkan motovasi untuk setiap hal yang mereka lakukan. Maka dari itu, Anda sebagai orangtua bisa memberi sebuah pengertian yang memang mudah untuk di pahami si kecil mengapa mereka di siapkan untuk nberkomunikasi dengan dua bahasa.

Karena tanpa adanya motifasi, dorongan juga tujuan yang bermanfaat bagi diri mereka, bisa jadi si kecil malah engga untuk berbicara.

Memang akan sangat membanggakan ketika si kecil mengerti dan memahami bahasa asing selain bahasa ibunya, akan tetapi kesiapan dari si kecil juga orangtua jauh lebih penting agar proses juga hasil dari belajar si kecil dapat sesuai dengan apa yang di harapkan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517