Perkembangan Anak: Ketahui Porsi Tidur Yang Baik Untuk Anak Sesuai Usianya

Tidur dengan porsi yang cukup merupakan salah satu syrat penting yang harus di perhatikan guna menjaga kesehatan anak juga perkembangan anak sejak dini. Selain porsi tidur yang cukup di malam hari, si kecil juga membutuhkan jam tidur tambahan yang di lakukan siang hari, dan itu sangat penting.

Bukan hanya untuk pertimbuhan anak, namun jam tidur bayi yang cukup juga bisa menghindari si kecil dari rasa lelah serta kesulitan yang ia alami ketika tidur di malam hari. Dan selama si kecil tertidur, maka orang tua terutama bunda juga memiliki waktu yang cukup untuk mengerjakan beberapa hal lainnya seperti pekerjaan rumah.

jam tidur bayi

Memang benar, waktu tidur bayi memang berbeda dengan waktu tidur orang dewasa, bahkan acuan untuk kebutuhan jam tidur si kecil juga bisa di bagi sesuai dengan usia si kecil, yaitu sebagai berikut:

  1. Dibawah usia 6 bulan

Ketika usia si kecil masih di bawah 6 bulan, biasanya mereka membutuhkan jam tidur kurang lebih selama 16-20 jam setiap harinya. Karena bayi yang masih di usia ini umumnya hanya akan terbangun selama 2-3 jam, dan itupun ia gunakan untuk makan. Dan ketika usia si kecil memasuki 4 bulan, maka ritme tidur si kecil juga akan lebih stabil dari biasanya.

  1. Usia 6 sampai 12 bulan

Bayi yang masih di usia 6-12 bulan, biasanya mereka memiliki waktu tidur siang selama 3-4 jam, dan mereka juga memiliki waktu tidur malam sebanyak 11 jam, dan tidak membutuhkan bangun untuk makan.

  1. Usia 1 sampai 3 tahun

Pada umumnya balita hanya membutuhkan waktu tidur selama 10-13 jam, dan itu sudah termasuk tidur siang dengan durasi 1-3 jam. Bunda harus menghindari si kecil untuk tidur sebelum jam tidurnya tiba, walaupun hanya sebentar, karena hal ini akan membuat si kecil susah tidur.

Baca juga : Pola Tidur Sehat dan Ideal Untuk Anak

  1. Usia 3 sampai 5 tahun

Di usia balita, si kecil membutuhkan jam tidur selama 10-12 jam setiap harinya. Dan biasanya mereka masih membutuhkan jam tidur siang. Akan tetapi, jika si kecil tidak memungkinkan untuk mendapatkan tidur siang, maka si kecil membutuhkan tidur malam yang lebih awal. Dan jika si kecil kurang mendapatkan jam tidur, maka dampak buruk akan menghampiri, yaitu si kecil akan cepat lelah, kurangnya konsentrasi, serta ia akan kesulitan dalam menyelesaikan tugas-tugasnya di sekolah.

Untuk membuat agenda tidur anak sebenarnya tidaklah sulit, jika si kecil mulai rewel dan mereka menggosok-gosok matanya, maka segeralah bunda meletakkan si kecil di tempat tidur. Bahkan bagi beberapa anak, music, cahaya yang tidak terlalu terang, serta cerita pendek bisa menjadi pengantar mereka untuk tidur.

Nah, untuk anak di usia 3 tahun ke atas, tidur siang mungkin menjadi pilihan kedua yang tepat setelah mereka bermain. Untuk mengatasi hal ini, misalkan bunda bisa memberikan si kecil buku cerita yang ia sukai, agar ia bisa bermain dengan tenang juga tidur dengan sendirinya.

Bunda tidak usah khawatir ketika si kecil tidur siang, karena selama porsi tidurnya tidak berlebihan, maka hal ini tidak akan mengganggu jam tidur si kecil di malam hari. Dan anak yang memang memiliki waktu tidur siang yang baik, maka mereka akan jauh lebih tenang serta nyenyak ketika mereka tidur di malam hari.

Related Posts

Share This